UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE DRAMATISASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI DRAMA PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 BATU

Khomsatun, (2012) PENERAPAN METODE DRAMATISASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI DRAMA PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--khomsatun0-27221-2-babi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--khomsatun0-27221-1-pendahul-n.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (I) Dr. Ribut Wahyu Eriyanti, M.Si., M.Pd (2) Drs. Sudjalil, M.Si., M.Pd Di SMA Negeri 2 Batu, pembelajaran sastra masih kurang maksimal untuk mengapresiasi pementasan drama. Hal ini terjadi karena dengan metode memutarkan video drama sering mengalami hambatan pada media elektonik sehingga nilai yang dicapai pun sangat minimal. Tujuan pengajaran sastra merupakan pendidikan apresiasi, pendidikan untuk mengajak para siswa mempunyai minat, penghargaan, rasa cinta, dan sedikit banyak mempunyai selera yang baik tentang sastra. Berdasarkan tujuan itu, idealnya siswa SMA diharapkan mampu mengapresiasi sastra. Metode dramatisasi adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup pada naskah drama. Metode dramatisasi adalah salah satu proses belajar mengajar yang tergolong dalam metode simulasi. Berdasarkan hasil penelitian pada penerapan metode dramatisasi untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi drama pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Batu Malang yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan mengalami peningkatan. Hasil yang diperoleh siswa pada uji pre test belum berhasil dengan ketuntasan 61,66. Pada uji pre test 1 sudah cukup berhasil dengan ketuntasan 75. Hasil yang diperoleh siswa pada uji post test 2 sudah berhasil dengan ketuntasan belajar 81, 66. Kemampuan siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Batu dalam mengapresiasi drama dengan metode dramatisasi mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perbedaan hasil nilai pre test dengan post test 1 dan 2. Hal ini terbukti bahwa dari nilai t-test pada siklus 1 dan siklus 2yang hasilnya lebih besar dari harga t dalam tabel. Nilai t-test pada siklus 1 adalah t =9, 136, sedangkan harga t dalam tabel dengan d.b 27 adalah = 2, 052. Sementara itu, nilai t –test pada siklus 2 adalah t =13, 326, sedangkan harga t dalam tabel dengan d.b 26 adalah = 2, 056. Saran-saran yang diajukan peneliti antara lain adalah sebagai berikut: Metode dramatisasi ini sebaiknya dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan di kelas pada pembelajaran mengapresiasi drama. Disarankan kepada peneliti berikutnya untuk memilih naskah drama yang kira-kira ceritanya disukai dan menarik perhatian siswa. Disarankan kepada peneliti berikutnya untuk mengadakan penelitian sejenisnya sengan subjek yang lain dalam waktu yang lebih lama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 01 Jun 2016 06:42
Last Modified: 01 Jun 2016 06:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31253

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo