UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think-Pair-Share) KELOMPOK JENIS KELAMIN UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS 5 SDN TEGALWERU MALANG

CAHYANI, NOVITA DWI (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think-Pair-Share) KELOMPOK JENIS KELAMIN UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS 5 SDN TEGALWERU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-novitadwic-23019-PENDAHUL-N.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-novitadwic-23019-BAB+I.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi IPS di SDN Tegalweru bahwa dari proses pembelajaran IPS menunjukkan aktivitas siswa masih rendah. Rendahnya aktivitas siswa terlihat siswa masih kurang percaya diri dalam mengajukan pertanyaan maupun dalam menjawab pertanyaan guru, siswa juga belum terbiasa mengeluarkan pendapat,serta masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga proses pembelajran berjalan searah di akibatkan siswa cendrung pasif. Rendahnya kemampuan siswa dalam aktivitas mengakibatkan siswa tidak mampu untuk mengembangkan daya pikir kearah yang lebih luas. Inilah yang menyebabkan anak didik kita sulit untuk memahami materi-materi yang dipelajarinya. Dan hasil belajar masih kurang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), dimana nilai KKM di SDN Tegalweru adalah 60. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe TPS kelompok jenis kelamin, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Tegalweru, jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Telas . Rancangan penelitian yang digunakan terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang terdiri atas dua siklus dengan 3 kali pertemuan pada siklus I dan 2 kali pertemuan pada siklus II. Penelitian dilaksanakan di SDN Tegalweru pada tanggal 10 Mei 2011 sampai dengan 26 Mei 2011. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Tegalweru yang berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada bahwa aktivitas siswa kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran siklus 1 pertemuan ke-1 sebesar 63,63% (cukup baik) dan pertemuan ke-2 65,90% (cukup baik), aktivitas siswa pertemuan ke-1 53,57% (kurang baik) dan pertemuan kedua 60,71% (cukup baik). Siklus 2 meningkat menjadi 75% (baik), hasil belajar pada siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 37,50 % (belum tuntas) dengan rata-rata nilai 55,60. Pada siklus II setelah dilakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran siswa tuntas secara individu mengalami peningkatan menjadi ketuntasan klsikal sebesar 85,05% (tuntas) dengan rata-rata nilai 73,57.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:43
Last Modified: 01 Jun 2016 04:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31239

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo