UMM Institutional Repository

PENERAPAN SNOWBALL THROWING PADA PELAJARAN IPA KELAS III DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BEKERJA SAMA SISWA SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG

NOVITASARI, DEWI (2011) PENERAPAN SNOWBALL THROWING PADA PELAJARAN IPA KELAS III DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BEKERJA SAMA SISWA SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dewinovita-23020-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dewinovita-23020-BAB+I.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil diskusi dengan guru mata pelajaran IPA SD Muhammadiyah 08 Dau Malang diketahui, bahwa nilai siswa pada mata pelajaran IPA materi Cuaca dan Pengaruhnya Bagi Manusia terdapat 16 siswa dari 30 siswa yang belum tuntas, sedangkan Standart Ketuntasan Minimal (SKM) mata pelajaran IPA adalah 70. Siswa di kelas selama proses pembelajaran ramai sendiri hanya sedikit siswa yang memperhatikan penjelasan guru, sehingga siswa sulit untuk memahami materi pelajaran, yang dapat berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa yang terbukti dengan rendahnya hasil belajar siswa. Selain itu siswa kurang bisa bekerja sama dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan bekerja sama siswa kelas III SD Muhammadiyah 08 Dau Malang melalui pembelajaran yang menerapkan metode snowball throwing. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I siswa yang tuntas hasil belajarnya secara individu ada 9 siswa dengan prosentase ketuntasan klasikal 33,33% sedangkan pada siklus II setelah dilakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran siswa yang tuntas hasil belajarnya secara individu mengalami peningkatan menjadi 23 siswa dengan prosentase ketuntasan klasikal 85,18%. Begitu juga dengan hasil penilaian kemampuan bekerja sama mengalami peningkatan, dimana pada siklus I masih banyak siswa yang mendapat skor 1 (kurang) sedangkan pada siklus II sudah tidak ada lagi siswa yang memperoleh skor 1 (kurang). Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode snowball throwing dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan bekerja sama siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:40
Last Modified: 01 Jun 2016 04:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31238

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo