UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK MAPEL IPA KELAS IV-B SD MUHAMMADIYAH 08 DAU-MALANG

HASANAH, UMI (2011) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK MAPEL IPA KELAS IV-B SD MUHAMMADIYAH 08 DAU-MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-umihasanah-23021-PENDAHUL-N.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-umihasanah-23021-BAB+1.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam SD Muhammadiyah 08 Dau-Malang dalam pembelajaran menekankan pada peran guru (techer center), dimana guru merupakan pusat kegiatan belajar dikelas, sehingga peran guru dalam pembelajaran masih merupakan sumber utama bagi pelajar tersebut. Siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga murid kurang termotivasi dan beberapa siswa yang paham. Hal ini dapat dilihat masih rendahnya nilai siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan yang diterapkan sekolah yaitu ≤ 70 pada materi perubahan Lingkungan Fisik. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan pemahan siswa, salah satunya dengan penerapan Metode eksperimen. Penelitian ini bertujuan meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa pada materi perubahan Lingkungan Fisik dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini yaitu PTK, penelitian tindakan ini terdiri dari siklus I dan II. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 7 - 28 Mei 2011 di SD Muhammadiyah 08 Dau-Malang. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-Byang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes individu, dokumen dan lembar observasi. Analisis data untuk angket motivasi menggunakan persentase kriteria motivasi siswa, sedangkan hasil belajar dianalisis menggunakan ketuntasan belajar. Ketuntasan masing-masing siswa disesuaikan dengan KKM sekolah yaitu ≤ 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui terjadi peningkatan motivasi. Hasil motivasi siswa dari siklus I meningkat pada siklus II dengan prosentase dari 64,5% naik menjadi 90,32%. Peningkatan pemahaman dapat dilihat dari tes individu(hasil belajar) telah diperoleh ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 54,8% dengan rata-rata nilai 66,4, kemudian meningkat pada Siklus II sebanyak 83,8% dengan rata-rata 78,7. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan Motivasi dan Pemahaman siswa kelas IV-B tentang Perubahan Lingkungan Fisik SD Muhammadiyah 08 Dau-Malang. Saran yang dapat diajukan adalah metode eksperimen perlu dilaksanakan guru untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:36
Last Modified: 01 Jun 2016 04:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31237

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo