UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG

NUFUS, HAYATUN (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-hayatunnuf-23024-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-hayatunnuf-23024-BAB+I.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil diskusi dengan guru mata pelajaran IPA SD Muhammadiyah 08 Dau Malang diketahui. Proses pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang belum berpusat pada siswa (Student Centered), sehingga siswa tidak terlalu aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif model think-pair-share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2011 sampai dengan 31 Mei 2011. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Strategi yang digunakan pada penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model think-pair-share. Pembelajaran ini memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit yaitu memberikan waktu lebih banyak untuk berpikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Saat pertanyaan atau permasalahan yang diajukan keseluruh siswa, setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk memikirkan jawaban dari pertanyaan sebelum bertukar pikiran dengan teman kelompoknya. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan, untuk aktivitas guru meningkat pada siklus II mencapai 94%. Sedangkan Aktivitas siswa pada siklus II mencapai 90% dan aktivitas siswa dalam kelompok juga mengalami peningkatan menjadi 87%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa yang mencapai 80,17 dengan persentase ketuntasan secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 86%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:16
Last Modified: 01 Jun 2016 04:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31234

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo