UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE PERMAINAN KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA DAERAH SISWA KELAS 5A SDN BAKALAN KRAJAN 1 MALANG

Kustiani, Tantri (2011) PENERAPAN METODE PERMAINAN KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA DAERAH SISWA KELAS 5A SDN BAKALAN KRAJAN 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-tantrikust-23031-PENDAHUL-N.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-tantrikust-23031-BAB+I.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Ativitas dan hasil belajar siswa Bahasa Daerah rendah, diperkuat oleh nilai siswa dalam UAS rendah. Penyebabnya: a) guru menggunakan metode pembelajaran monoton. b) kurangnya media yang digunakan dalam pembelajaran. c) siswa belum mampu memahami materi yang terdapat dalam mata pelajaran. d) siswa belum mampu menjawab pertanyaan dengan jelas. Sebab itu bagaimana penerapan metode permainan kartu kata untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa daerah siswa SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Metode permainan adalah cara mengajar yang dilaksanakan dalam bentuk permainan (Spondek,1994). Kartu kata adalah kertas yang berbentuk persegi panjang yang dirancang untuk mempermudah dalam pembelajaran (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1991). Tujuan penelitian adalah: a) mendeskripsikan implementasi penerapan metode permainan kartu kata untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 5A SDN Bakalan Krajan 1 Malang. b) mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar bahasa daerah siswa kelas 5A SDN Bakalan Krajan 1 Malang dengan mengimplementasikan penerapan metode permainan kartu kata. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang memerlukan dua siklus. Subyek penelitian adalah mata pelajaran bahasa daerah pada semester genap tahun akademik 2010/2011. Obyek penelitian adalah siswa kelas 5A SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Penelitian dilaksanakan tanggal 19 Mei- 4 Juni 2011. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Observasi adalah pengamatan langsung suatu aktivitas yang sendang dilakukan (Said, 2010). Tes adalah suatu prosedur yang sistematis untuk mengamati tingkah laku individu melalui skala angka atau sistem kategori (Stone, 2009). Hasil penelitian ini menunjukkan: a). Penerapan metode permainan kartu kata terlaksana dengan baik selama pembelajaran yaitu mengkocok kartu kata, secara acak siswa memilih kartu kata, membaca dan mendefinisikan isi teks bacaan, membuat kalimat yang dipilih dalam kelompok, adu cepat untuk membuat kalimat dari kata yang dipilih dan membacakan di depan kelas, mendengarkan dan mencermati apa yang disampaikan oleh kelompok yang tampil, mengungkapkan kembali apa yang disampaikan oleh kelompok yang tampil, dan mengoreksi hasil kerja tiap-tiap kelompok.b). Aktivitas guru dan siswa siklus I mengalami peningkatan pada siklus II. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II. Penerapan metode permainan kartu kata masih banyak kekurangan dan kendala-kendala, salah satunya yaitu pengalokasian waktu yang lama sehingga pembelajaran dapat berjalan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 01 Jun 2016 03:57
Last Modified: 01 Jun 2016 03:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31228

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo