UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PRESTASI dan RESPON SISWA DALAM PELAJARAN IPS DI KELAS III SDN GIRIMOYO III MELALUI PENGGUNAAN METODE PERMAINAN GEMAMA

Jannah, Nikmatul (2011) PENINGKATAN PRESTASI dan RESPON SISWA DALAM PELAJARAN IPS DI KELAS III SDN GIRIMOYO III MELALUI PENGGUNAAN METODE PERMAINAN GEMAMA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nikmatulja-23032-PENDAHUL-N.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nikmatulja-23032-BAB+I.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Saat ini pembelajaran yang diharapkan siswa dan orang tuanya adalah pembelajaran yang bermakna dengan memperhatikan konsep belajar sambil bermain. Melalui konsep tersebut anak dapat berfikir secara kongkret, karena pengalaman pembelajaran sesuai dengan dunia anak. Oleh karena itu banyak diterapkan metode permainan dalam pendidikan, khususnya pendidikan dasar. Metode permainan sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan psikologis anak. Penggunaan metode Permainan baru yang menggabungkan berbagai unsur kesenangan anak diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut. Metode itu adalah metode Permainan GEMAMA (gerak, menyanyi dan menggambar). Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar peningkatan prestasi kognitif, ,psikomotor dan respon siswa kelas 3 SDN Girimoyo III pada pelajaran IPS melalui penggunaan metode Permainan GEMAMA. Mata pelajaran IPS dipilih karena hasil yang diperoleh siswa dalam pelajaran ini paling rendah dibanding pelajaran lainnya. Studi awal menunjukkan bahwa pelajaran IPS adalah pelajaran yang membosankan karena identik dengan metode ceramah. Tak heran jika 53% siswa kelas 3 siswa SDN Girimoyo III tidak dapat memenuhi target ketuntasan minimal yang telah ditetapkan pihak sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 49 siswa, dengan perincian 23 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik kualitatif dan kuantitatif dengan sumber data dari refleksi proses belajar mengajar yang dilakukan guru dengan menggunakan metode Permainan GEMAMA. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh bahwa penggunaan metode Permainan GEMAMA dalam pembelajaran IPS dikelas 3 SDN Girimoyo III terbukti dapat meningkatkan prestasi siswa pada ranah kognitif dan psikomotorik. Peningkatan prestasi kognitif sebesar 20% dengan hasil nilai test rata-rata kelas 74,5 pada siklus 1 dan 84,6 pada siklus 2. Ketuntasan kelas naik menjadi 96%. Peningkatan respon siswa terhadap pelajaran IPS berubah kearah positif. Siswa meraasa antusias dan senang ketika pelajaran IPS berlangsung. Peningkatan prestasi psikomotorik sebesar 11%, rata-rata kelas sebesar 75,7 pada siklus 1 dan 76,7 pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 01 Jun 2016 03:54
Last Modified: 01 Jun 2016 03:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31227

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo