UMM Institutional Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN) TENTANG PERKALIAN PADA SISWA KELAS II SDN BANARANKULON 3 BAGOR NGANJUK TAHUN 2010/2011

HARINDANINGTYAS, PURWANDES (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN) TENTANG PERKALIAN PADA SISWA KELAS II SDN BANARANKULON 3 BAGOR NGANJUK TAHUN 2010/2011. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-purwandesh-23034-Pendahul-n.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-purwandesh-23034-BAB+1.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang monoton dan anggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, dapat menjadi faktor penyebab kegagalan pembelajaran matematika. Hasil penelitian Matematika Kelas II SDN Banarankulon 3. Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk Semester II tahun pelajaran 2010/2011, rendah yaitu ketuntasan klasikal yang diperoleh 65% dari jumlah seluruh siswa. Hal ini dapat dilihat dari: (1) Guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan.(2) Guru tidak memanfaatkan media yang bervariasi dalam pembelajaran. Untuk itu, perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu metode Make a match. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan metode Make a match tentang perkalian pada siswa kelas II SDN Banarankulon 3 Bagor Nganjuk dan (2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan metode Make a match tentang perkalian pada siswa kelas II SDN Banarankulon 3 Bagor Nganjuk. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Banarankulon 3 Bagor Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Menggunakan empat cara dalam pengumulan data, yaitu (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Tes, (4) Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif melalui metode Make a match pada mata pelajaran Matematika kelas II SDN Banarankulon 3 Bagor Nganjuk materi perkalian terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam setiap siklus ketuntasan hasil belajar pada aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada tahap tindakan pada siklus I aktivitas siswa 70% sedangkan hasil belajar siswa 77% dan pada siklus II mengalami kenaikan aktivitas siswa 83% sedangkan hasil belajar siswa mengalami kenaikan menjadi 90%. Ketuntasan aktivitas belajar dari siklus I naik 13% ke siklus II sedangkan hasil belajar dari siklus I naik 13% ke siklus II. Saran yang diberikan hendaknya guru menggunakan strategi dan model pembelajaran yang menarik, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Make a match. Kesimpulan yaitu dengan menggunakan metode Make a match dalam pembelajaran matematika materi perkalian dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 01 Jun 2016 03:49
Last Modified: 01 Jun 2016 03:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31226

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo