UMM Institutional Repository

VARIASI BAHASA PADA TUTURAN GURU DAN SISWA DALAM KEGIATAN KOMUNIKASI DI LINGKUNGAN MAN 3 MALANG

Hidayati, Nurul (2011) VARIASI BAHASA PADA TUTURAN GURU DAN SISWA DALAM KEGIATAN KOMUNIKASI DI LINGKUNGAN MAN 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nurulhiday-22773-BAB+I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nurulhiday-22773-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa merupakan sebuah alat yang digunakan oleh sekelompok masyarakat untuk berkomunikasi dengan sesama, dan bahasa berperan sebagai suatu ekspresi kebudayaan karena bahasa mengalami variasi yang begitu banyak di dalam masyarakat. Pada saat berkomunikasi, manusia saling menyampaikan informasi baik berupa gagasan, perasaan, dan maksud sehingga menyebabkan terjadinya suatu peristiwa dalam bentuk tuturan. Kemampuan menggunakan bahasa dari setiap masing-masing individu terdiri dari berbagai macam perbedaan dan perbedaan itu dilihat dari bentuk tuturannya, sehingga memunculkan variasi dalam suatu bahasa. Variasi bentuk tuturan tersebut dapat dibedakan ke dalam monolingual, bilingual (kedwibahasaan), diglosia, dan peristiwa campur kode serta alih kode. Variasi bahasa terjadi karena adanya perbedaan budaya dan bahasa yang ada di dalam masyarakat yang multilingual, dan multirasial. Dalam hal ini mengangkat seputar variasi bahasa yang terjadi di lingkungan MAN 3 Malang dalam bentuk tuturan guru dan siswanya, karena peneliti melihat MAN 3 adalah sebuah sekolah yang memiliki latar belakang budaya yang multikultural dengan adanya varian¬varian dalam pola tuturan siswa dan guru ketika melakukan komunikasi, inilah yang menjadi bagian menarik bagi peneliti untuk diteliti, karena itulah dalam penelitian ini peneliti mengangkat dua persoalan yang terkait dengan variasi bahasa yaitu: 1) bagaimanakah pemakaian variasi bahasa pada tuturan guru dan siswa di sekolah MAN 3 Malang, 2) faktor-faktor apakah yang mempengaruhi munculnya pemakaian variasi bahasa pada tuturan guru dan siswa di MAN 3 Malang. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam hal ini data yang akan dideskripsikan adalah data tentang variasi dan bentuk percakapan pada tuturan guru dan siswa pada saat berkomunikasi, dan faktor-faktor penyebab terjadinya variasi bahasa di lingkungan MAN 3 Malang. Data penelitian ini berupa percakapan atau bentuk tuturan yang dikumpulkan oleh peneliti melalui teknik perekaman, pemberian berupa angket serta proses wawancara terkait dengan munculnya variasi bahasa dan faktor penyebabnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya: 1) Bentuk dan pemakaian variasi bahasa dalam percakapan disesuaikan berdasarkan fungsi dalam interaksi. 2) adanya pemakaian variasi bahasa Indonesia baku, dan tidak baku, bentuk alih kode dan campur kode dalam peristiwa percakapan, serta diglosia yakni penggunaan ragam tinggi dan rendah dalam memilih dan menggunakan bahasa yang disesuaikan dengan konteks sosial, dan fungsinya yang banyak terjadi dalam bentuk tuturan guru dan siswa. 3) Faktor yang menunjukkan terjadinya variasi bahasa di lingkungan MAN 3 Malang yang terdiri dari dua kategori: (a). Faktor situasional terdiri dari: faktor situasi tutur, faktor partisipan, keadaan lingkungan sosial, pembentukan kelas khusus dan ekstrakurikuler bahasa. (b). Faktor sosial terdiri dari: latar budaya multikultural, faktor bahasa ibu, faktor pendidikan guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 01 Jun 2016 03:42
Last Modified: 01 Jun 2016 03:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31225

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo