UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDN TUNGGULWULUNG 3 MALANG

BUDIHARTI, ERIK (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDN TUNGGULWULUNG 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-erikbudiha-23044-PENDAHUL-N.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-erikbudiha-23044-BAB+I.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Kondisi pembelajaran IPA di SDN Tunggulwulung 3 Malang diketahui bahwa guru melaksanakan pembelajaran konvensional/klasikal dan menggunakan metode ceramah serta antusias dari siswa untuk belajar masih rendah. Dengan kondisi tersebut seharusnya guru mencari alternatif-alternatif metode pembelajaran yang memungkinkan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran di kelas, dan salah satu yang dimaksud dalam hal ini adalah model pembelajaran talking stick. Model pembelajaran ini digunakan kerena melihat dari kondisi siswa yang masih dalam masa belajar melalui bermain, dengan menggunakan model pembelajaran talking stick siswa akan belajar melalui bermain. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mampu menerapkan pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN Tunggulwulung 3 Malang; (2) Meningkatkan motivasi siswa kelas III SDN Tunggulwulung 3 Malang pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran talking stick; (3) Meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN Tunggulwulung 3 Malang pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Strategi yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran talking stick. Model pembelajaran talking stick dapat diartikan sebagai model pembelajaran bermain tongkat, yaitu pembelajaran yang dirancang untuk mengukur tingkat penguasaan materi pelajaran oleh siswa dengan menggunakan media tongkat. Talking stick adalah model pembelajaran yang dipergunakan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang di inginkan. Talking stick sebagaimana dimaksudkan penelitian ini, dalam proses belajar mengajar di kelas berorientasi pada terciptanya kondisi belajar melalui permainan tongkat yang diberikan dari siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas III SDN Tunggulwulung 3 Malang, hal ini terbukti dari hasil penelitian. Motivasi belajar siswa sebesar 76%. Prestasi belajar siswa dengan prosentase ketuntasan secara klasikal sebesar 95%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 01 Jun 2016 03:22
Last Modified: 01 Jun 2016 03:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31218

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo