UMM Institutional Repository

KAJIAN SENI PERTUNJUKAN JARAN KEPANG MALANGAN DI KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG (Sebuah Tinjauan Folklor)

Fitriah, Lailatul (2011) KAJIAN SENI PERTUNJUKAN JARAN KEPANG MALANGAN DI KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG (Sebuah Tinjauan Folklor). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-lailatulfi-22829-BAB+I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-lailatulfi-22829-pendahul-n.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Beberapa seni pertunjukan yang ada dalam suatu daerah pastilah akan berbeda dengan daerah lainnya, perbedaan ini dikarenakan adanya keinginnan untuk membubuhkan kekhasan dari daerahnya. Salah satu seni pertunjukan tersebut adalah Seni pertunjukan jaran kepang Malangan, seni pertunjukan jaran kepang Malangan mempunyai dua versi yang berbeda yaitu versi jaran kepang lama dan jaran kepang campur sari. Jaran kepang merupakan sebuah tarian penunggang kuda yang di dalam penyajiannya umumnya menampilkan tiga atraksi namun jaran kepang versi lama hanya menyajikan dua atraksi, karena tidak menyajikan pelengkap pertunjukan. Atraksi pertama disebut dengan tarian prajurit penunggang kuda, dalam penyajian pyajurit penunggang kuda terdapat beberapa gerakan yang disebut dengan Labas, dayungan siji, dayungan loro, nyerek sekel, Labas kiter, ngicek gabah, dan labas mondor. Atraksi yang kedua munculnya pelengkap pertunjukan yang terdiri dari tetek milek, barongan, caplo’an, dan celeng. Atraksi yang ketiga merupakan daya tarik dari kesenian jaran kepang yaitu gerakan pemain yang kerasukan (kalap) Kesenian jaran kepang Malangan mempunyai gerakan yang khas yaitu gerakan nyerek sekel yang berasal dari gerakan tari topeng Malangan dan tari beskalan, selain itu dari segi kostumnya jaran kepang Malangan dua versi yang berhubungan dengan cerita yang diusungnya. Adanya beberapa uraian di atas, penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan bagi penelitian selanjutnya serta dijadikan sebagai salah satu jalan untuk mengangkat kembali kesenian jaran kepang di tengah masyarakat. Penelitian tentang bentuk dan aktivitas, makna serta fungsi pertunjukan jaran kepang ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sumbangan kepada pemerintah khususnya Dinas Pendidikan serta Dinas Pariwisara kota Malang untuk mengembangkan kesenian warisan leluhur ini. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengangkat kembali keberadaan kesenian jaran kepang di tengah masyarakat yang saat ini kenyataannya sudah hampir jarang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan metode deskriptif kualitatif yang dianalisis secara induksi. Penelitian ini memperoleh hasil tentang bentuk dan aktivitas jaran kepang Malangan, makna serta fungsinya, serta adanya temuan-temuan peneliti di lapangan yang terdiri dari kesenian jaran kepang di gunakan untuk mengamen, beberapa asper folklorik dalam kesenian jaran kepang Malangan, majunya serta mundurnya kesenian jaran kepang Malangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 01 Jun 2016 02:56
Last Modified: 01 Jun 2016 02:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31214

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo