UMM Institutional Repository

KARAKTERISTIK BAHASA PADA TUTURAN IMPERATIF GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VIII A SMPN 18 MALANG

HARTANTI, DINI KURNIA (2011) KARAKTERISTIK BAHASA PADA TUTURAN IMPERATIF GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VIII A SMPN 18 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dinikurnia-23141-BAB+I.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dinikurnia-23141-PENDAHUL-N.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

Karakteristik bahasa adalah ciri-ciri yang nampak pada kalimat dan pilihan kata (Daryanto, 1997: 66). Tuturan imperatif merupakan kalimat perintah sebagai ucapan yang isinya memerintah, memaksa, menyuruh, mengajak, meminta agar orang yang diperintah itu melakukan apa yang dimaksudkan di dalam perintah. Dalam hal ini karakteristik bahasa yang digunakan oleh guru saat interaksi belajar mengajar sangat beragam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif terhadap karakteristik bahasa pada tuturan imperatif guru dalam interaksi belajar mengajar kelas VIII A SMPN 18 Malang. Adapun permasalahan yang diteliti adalah (1) bagaimanakah karakteristik bahasa pada pemakaian kalimat guru dalam interaksi belajar mengajar kelas VIII A SMPN 18 Malang dan (2) bagaimanakah karakteristik bahasa pada diksi guru kelas VIII A SMPN 18 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik bahasa pada pemakaian kalimat guru dalam interaksi belajar mengajar kelas VIII A SMPN 18 Malang dan untuk mengetahui karakteristik bahasa pada diksi guru kelas VIII A SMPN 18 Malang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Data yang dikumpulkan merupakan data lisan berupa dialog yang mengandung pola kalimat, fungsi kalimat, jenis kalimat, wujud tuturan, dan diksi yang kemudian dialihkan dalam bahasa tulis. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VIII A SMPN 18 Malang. Berdasarkan hasil penelitian, pemakaian kalimat terdiri atas pola kalimat, fungsi kalimat, jenis kalimat, dan wujud tuturan. Pola kalimat meliputi KB (kata benda), KS (kata sifat), KK (kata kerja), KD (kata depan), dan Kbil (kata bilangan), fungsi kalimat meliputi S (subjek), P (predikat), O (objek), Pelengkap, Ket (keterangan). Jenis kalimat terdiri dari kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Kalimat majemuk dibagi menjadi tiga meliputi kalimat majemuk setara, kalimat majemuk bertingkat, dan kalimat majemuk campuran. Wujud tuturan pragmatik imperatif dalam penelitian ini terdiri dari tujuh belas yaitu tuturan imperatif yang mengandung makna perintah, suruhan, permintaan, permohonan, desakan, bujukan, imbauan, persilaan, ajakan, permintaan izin, mengizinkan, larangan, harapan, umpatan, pemberian ucapan selamat, anjuran, dan ngelulu. Dalam hal ini pemakaian kalimat tersebut berfungsi untuk memberikan pengantar dan sebagai penunjukan, sedangkan pada diksi guru berfungsi sebagai pengantar, memberi arahan, dan sebagai pemancingan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 01 Jun 2016 02:40
Last Modified: 01 Jun 2016 02:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31206

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo