UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI GAME FLASH FAST READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS VIII MTs MA`ARIF SUDIMORO KABUPATEN PACITAN

MEGAWATI, ARINDA (2012) IMPLEMENTASI GAME FLASH FAST READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS VIII MTs MA`ARIF SUDIMORO KABUPATEN PACITAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-arindamega-23451-BAB+I.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-arindamega-23451-Pendahul-n.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Drs. Djoko Asihono (2) Dr. Ribut Wahyu Erianti, M.Si., M.Pd. Ada beberapa media pembelajaran yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran, salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media pembelajaran menggunakan game flash yang memadukan antara media game dengan materi pembelajaran sehingga akan membuat siswa tidak merasa bosan dan jenuh. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII MTs Ma’rif Sudimoro Pacitan yang masih rendah. Hasil pemahaman siswa terhadap isi bacaan yang mereka baca masih di bawah standar nilai yang telah ditetapkan. Permasalahannya adalah bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran dan hasilnya setelah menerapkan game Flash Fast Reading untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII MTs Ma’arif Sudimoro Pacitan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII MTs Ma’arif Sudimoro Pacitan dalam kegiatan membaca cepat dengan menggunakan game Flash Fast Reading. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas atau disingkat PTK. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Ma’arif Sudimoro Kabupaten Pacitan, sedangkan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 29 siswa. Adapun kriteria bacaan yang digunakan dalam game Flash Fast Reading adalah bacaan non sastra dengan yang terdiri dari 250-300 kata. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran game Flash Fast Reading dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat serta pemahaman isi bacaan, hal itu dapat dilihat dalam presentase keberhasilan siswa secara klasikal. Saat dilakukan observasi, ada 12 atau 41,38% siswa tuntas dalam pembelajaran membaca cepat. Kemudian pada siklus I terdapat 22 atau 75,86% siswa tuntas dalam pembelajaran. Sedangkan pada siklus II terdapat 27 atau 93,10% siswa tuntas dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 01 Jun 2016 02:29
Last Modified: 01 Jun 2016 02:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31199

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo