UMM Institutional Repository

KAJIAN SEMIOTIKA TERHADAP NOVEL JANTERA BIANGLALA KARYA AHMAD TOHARI

IMRON, MUHAMMAD ALI (2011) KAJIAN SEMIOTIKA TERHADAP NOVEL JANTERA BIANGLALA KARYA AHMAD TOHARI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-muhammadal-23750-BAB+I.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-muhammadal-23750-Pendahul-n.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Dr. Sugiarti, M.Si. (2) Drs. Ajang Budiman, M.Hum. Penelitian ini merupakan hasil penelaahan deskriptif yang mengkaji tentang sistem perlambangan yang terdapat dalam novel Jantera Bianglala karya Ahmad Tohari. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem perlambangan yang merepresentasikan kekuasaan yang terdapat dalam novel tersebut. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pemakaian lambang yang merepresentasikan kekuasaan dalam novel Jantera Bianglala, (2) Bagaimanakah hubungan antarlambang yang merepresentasikan kekuasaan dalam novel Jantera Bianglala. Data dalam penelitian ini berasal dari novel Jantera Bianglala. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membaca dan memahami novel, mengidentifikasi data sesuai dengan penelitian, memberikan pengkodean terhadap data yang telah terkumpul dan mengklasifikasi masing-masing data ke dalam tabel. Adapun teknik pengolahan data dilakukan dengan cara mengklasifikasi data sesuai dengan tujuan penelitian, menganalisis, menginterpretasi data dan memberikan kesimpulan berdasarkan hasil analisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pemakaian lambang yang merepresentasikan kekuasaan dalam novel Jantera Bianglala terdapat pada alur jalan cerita yang tersaji. Lambang di sini dideskripsikan pada tokoh-tokoh dan benda-benda yang terdapat dalam novel. Tokoh yang dianggap disini yaitu seseorang yang memiliki kekuasaan atau jabatan dan yang berpengaruh. Benda yang dimaksud seperti bedil, mobil, sepeda motor dan emas. Benda-benda tersebut melambangkan kekuasaan bagi orang yang memilikinya. (2) Hubungan antarlambang yang merepresentasikan kekuasaan dalam novel Jantera Bianglala terdapat pada setiap hubungan antar tokoh yang melambangkan kekuasaan. Tokoh disini memiliki kekuasaan atas jabatan yang diembannya, seperti Bajus dan Srintil keduanya memiliki kekuasaan. Bajus memiliki kekuasaan karena dia seorang mandor yang memimpin proyek pembangunan sebuah bendungan, dia juga memiliki sebuah mobil. Sedangkan Srintil memiliki kekuasaan atas profesinya sebagai ronggeng dan dia juga memiliki harta berupa perhiasan yang sangat banyak. Seorang ronggeng memiliki kuasa di atas para kaum laki-laki yang mengidolakannya. Sehingga Bajus dan Srintil melambangkan kekuasaan atas wewenangnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 01 Jun 2016 02:25
Last Modified: 01 Jun 2016 02:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31197

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo