UMM Institutional Repository

STRATEGI BERTANYA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MALANG

Irawan, Farisca (2011) STRATEGI BERTANYA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-fariscaira-23147-BAB+I.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-fariscaira-23147-PENDAHUL-N.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi peneliti yang ingin menggambarkan strategi bertanya yang digunakan guru dalam proses KBM, serta keanekaragaman pertanyaan dalam interaksi belajar mengajar. Oleh karena itu, strategi bertanya merupakan cara guru dalam memberikan pertanyaan. Hal ini menuntut siswa untuk meningkatkan partisipasi dalam menjawab pertanyaan, membangkitkan minat, mengembangkab pola berpikir dan belajar aktif, setta menuntun proses berpikir dan memusatkan perhatian siswa. Penelitian ini adalah Penelitian kualitatif yang dilakukan secara langsung antara guru dan murid dalam KBM. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 18 Malang dengan subjek penelitian guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VIII SMP Negeri 18 Malang. Data penelitian ini berupa pertanyaan lisan guru saat mengajar pembelajaran Bahasa Indonesia. Data tersebut diperoleh dengan teknik observasi dan wawancara. Penelitian ini menempatkan peneliti sebagai pengamat dan guru serta siswa sebagai sumber data saat KBM berlangsung. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif, observasi, wawancaran dan pengumpulan dokumen. Dari hasil penelitian diketahui bahwa berbagai macam bentuk pertanyaan guru yang disampaikan kepada siswa berdasarkan materi yang dipelajari. Adapun jenis-jenis pertanyaannya adalah sebagai berikut: pertanyaan permintaan, pertanyaan retorik, pertanyaan mengarahkan atau menuntun, dan pertanyaan menggali, pertanyaan pengetahuan, pertanyaan pemahaman, pertanyaan penerapan / aplikasi, pertanyaan analisis, pertanyaan sintesis, serta pertanyaan evaluasi. Adapun strategi bertanya yang digunakan: mengacungkan tangan, menggunakan kalimat sindiran, serta memerintahkan siswa untuk membacakan tugas sebagai penggali potensi berpikir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi bertanya guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VIII SMP Negeri 18 Malang, merupakan cara untuk memudahkan siswa dalam proses belajar mengajar. Siswa lebih aktif dan kreatif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh seorang guru. Selain itu, strategi bertanya dapat memotivasi kemampuan berpikir siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 01 Jun 2016 02:18
Last Modified: 01 Jun 2016 02:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31193

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo