UMM Institutional Repository

STRUKTUR KALIMAT DALAM TUTURAN LISAN SISWA KELAS B TK TUNAS BANGSA PLABUHAN JOMBANG

GANARSIH, TENNIS ADHE (2012) STRUKTUR KALIMAT DALAM TUTURAN LISAN SISWA KELAS B TK TUNAS BANGSA PLABUHAN JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--tennisadhe-27313-2-babi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--tennisadhe-27313-1-pendahul-n.pdf

Download (908kB) | Preview

Abstract

Berbicara merupakan suatu kegiatan seseorang mengungkapkan segala apa yang ada dalam pikiran dan benaknya melalui bahasa lisan kepada pendengar. Dalam berbahasa secara lisan, seorang pembicara harus dapat mengungkapkan ide secara jelas dan terangkai secara logis. Ide yang jelas dan terangkai secara logis maksudnya adalah bahwa pesan yang disampaikan mempunyai struktur kalimat yang mudah dipahami dan diterima oleh akal pikiran. Penelitian tentang struktur kalimat dalam tuturan lisan siswa Taman Kanak-Kanak didasarkan atas pertimbangan, bahwa pada anak usia 4-5 tahun (TK) sudah dapat berbicara secara lisan. Pada umumnya bahasa yang dimunculkan anak pada saat itu masih cenderung pada kalimat yang sederhana. Bertolak dari kondisi di atas penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk wujud penggunaan struktur kalimat dalam tuturan lisan pada ujaran siswa TK Tunas Bangsa Plabuhan Jombang. Dalam penelitian ini akan menggambarkan mengenai wujud struktur kalimat ditinjau dari segi fungsi dan makna strukturnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa ujaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data deskriptif berupa struktur kalimat yang diujarkan siswa kelas B TK Tunas Bangsa Plabuhan Jombang dalam bercerita di kelas. Data penelitian berupa kalimat siswa (ujaran siswa) dalam konteks tuturan siswa berdasarkan apa yang siswa ujarkan (bebas). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu teknik observasi. Dalam pengumpulan data ini dibantu perekaman dengan memanfaatkan alat bantu berupa kamera digital dan ponsel seluler. Teknik analisis ini mencakup penafsiran data dan penginterpretasian. Hasil penelitian menunjukkan siswa Taman Kanak-kanak khususnya yang berusia 4-5 tahun telah dapat menggunakan beberapa struktur kalimat dilihat dari: (1) Segi fungsi unsur-unsurnya yang meliputi: S-P, misalnya: Aku senang, S-P-O, misalnya: Aku punya balon, S-P-Ket, misalnya: Ibu pergi ke pasar. (2) Segi makna unsur-unsurnya yang meliputi makna P menyatakan tindakan, misalnya: Bapakku membeli buah mangga, makna S menyatakan pelaku, misalnya: Kakak sedang belajar, makna O menyatakan alat, misalnya: Makan buah dengan pisau, dan makna Ket menyatakan tempat, misalnya: Ibu masak di dapur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 01 Jun 2016 02:04
Last Modified: 01 Jun 2016 02:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31184

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo