UMM Institutional Repository

ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL

ANDRYANI, NOVITA DWIPUTRI (2012) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--novitadwip-27315-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--novitadwip-27315-1-pendahul-n.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Drs. Djoko Widodo, M.Si (2) Dr. Ekarini Saraswati, M. Pd. Penelitian ini merupakan hasil penelaah deskriptif analisis tentang nilai pendidikan dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Secara umum skripsi ini bertujuan untuk menelaah nilai-nilai pendidikan dalan novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai pendidikan sosial, kepribadian, etika/moral, dan religius tokoh dalam novel Sang Pencerah katya Akmal Nasery Basral. Peneliti menggunakan pendekatan kualiatif dengan teori sosiologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, frase, ataupun kalimat yang mencerminkan nilai pendidikan yang ada dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Teknik penganbilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data dilakukan dilakukan dengan teknik analisis dengan cara mengklasifikasikan masing-masing kategori sesuai dengan analisis nilai-nilai pendidikan yang meliputi: nilai pendidikan sosial, kepribadian, etika/moral, dan religius. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa; (1) pemahaman novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral berdasarkan nilai pendidikan yang ditinjau dari dalam beberapa aspek meliputi, nilai pendidikan sosial, kepribadian, etika/moral, dan religius. (2) aspek pendidikan sosial dapat diidentifikasi tiga kategori yaitu adil terhadap sesama, kepedulian dan empati, musyawarah. Dari aspek pendidikan kepribadian dapat diidentifikasi lima ketegori yaitu sabar, kerja keras, hemat dan kesederhanaan, cerdas, banyak akal. (3) aspek pendidikan etika/motal dapat diidentifikasi lima ketegori yaitu sopan santun, bijaksana, rendah hati, jujur, bertanggung jawab. (4) aspek pendidikan religius dapat diidentifikasi dua aspek yaitu keimanan kepada Tuhan dan bersyukur kepada Tuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 01 Jun 2016 02:02
Last Modified: 01 Jun 2016 02:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31183

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo