UMM Institutional Repository

ANALISIS SIKAP HIDUP TOKOH UTAMA SEBAGAI WANITA JAWA DALAM NOVEL PENGAKUAN PARIYEM KARYA LINUS SURYADI

GUNAWAN, BAYU RISMA (2012) ANALISIS SIKAP HIDUP TOKOH UTAMA SEBAGAI WANITA JAWA DALAM NOVEL PENGAKUAN PARIYEM KARYA LINUS SURYADI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--bayurismag-27317-2-babi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--bayurismag-27317-1-pendahul-n.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Dr. Ekarini Saraswati, M.Pd, (2) Drs. Joko Widodo, M.si. Sastra adalah hasil karya seorang pengarang yang merupakan perenungan dan imajinasi dari hal-hal yang diindra, diketahui, dirasa, ditanggapi, dilihat, difantasikan, dialami, dan direnungkan, serta disampaikan melalui bahasa dengan segala perangkatnya sehingga menjadi karya sastra yang estetik. Karya sastra pada hakikatnya merupakan hasil budaya yang melibatkan pribadi pengarang dalam mengolah berbagai bentuk peristiwa sosial dalam kehidupan sehari-hari. Melalui proses kreatif yang dilakukan oleh pengarang, maka lahirlah karya sastra yang banyak mengacu pada realitas kehidupan sehari-hari. Salah satu cara pengarang mengungkapkan makna dari karyanya antara lain melalui penampilan para tokoh yang menjadi fokus pelaku cerita. Pengarang melalui karyanya mengungkap manusia dan kehidupannya ke dalam penokohan. Penelitian ini merupakan penelitian penelahaan deskriptif analisis tentang Analisis Sikap Hidup Tokoh Utama sebagai Wanita Jawa dalam Novel “Pengakuan Pariyem” Karya Linus Suryadi. Adapun permasalahan yang diteliti adalah: (1) Bagaimanakah sikap hidup tokoh utama sebagai wanita Jawa dalam novel “Pengakuan Pariyem” karya Linus Suryadi, (2) Aspek-aspek apa sajakah yang mengkodisikan sikap hidup tokoh utama dalam novel “Pengakuan Pariyem” karya Linus Suryadi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sikap hidup sosial tokoh Pariyem sebagai Wanita Jawa dalam novel “Pengakuan Pariyem karya Linus Suryadi dan mendeskripsikan aspek-aspek yang mengkodisikan sikap hidup Pariyem dalam novel “Pengakuan Pariyem: karya Linus Suryadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan seobjektif mungkin data yang diperoleh. Data yang dikumpulkan berupa rangkaian sekuen cerita, yang sesuai dengan sikap hidup dan aspek-aspek yang mengkodisikan sikap hidup, yang dijadikan sebagai masalah penelitian. Sumber data diperoleh dari novel Pengakuan Pariyem karya Linus Suryadi. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Dalam novel Pengakuan Pariyem, diantara kedelapan sikap hidup yang dimiliki orang Jawa, sikap rila dan sikap nrima adalah sikap yang paling mendominasi atau sering tampak dalam kepribadian Pariyem. (2) Dalam novel Pengakuan Pariyem, dari beberapa aspek Personal, aspek Biologis adalah aspek yang banyak mengkodisikan sikap hidup Pariyem, sedangkan dari sembilan jenis aspek situasional, aspek sosial adalah faktor yang paling banyak mengkodisikan sikap hidup Pariyem.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 01 Jun 2016 02:01
Last Modified: 01 Jun 2016 02:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31182

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo