UMM Institutional Repository

ANALISIS PERJUANGAN GENDER TOKOH UTAMA DALAM "NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN" KARYA ABIDAH EL KHALIEQY

Hermawan, Hendri (2011) ANALISIS PERJUANGAN GENDER TOKOH UTAMA DALAM "NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN" KARYA ABIDAH EL KHALIEQY. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-hendriherm-21456-BAB+I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-hendriherm-21456-PENDAHUL-N.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Analisis ini didasari pada posisi perempuan yang mendapatkan posisi tidak sejajar dengan laki-laki di segala bidang. Novel perempuan berkalung sorban karya Abidah El Khalieqy mengisahkan tentang kehidupan perempuan dalam lingkungan pondok pesantren yang banyak peraturan cenderung membatasi ruang gerak perempuan. Dalam hal ini semua kegiatan yang ada di lingkungan pesantren didominasi oleh laki-laki.Adapun tujuan penelitian tentang "Analisis Perjuangan Gender Tokoh Utama Dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy" secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hak-hak perempuan, dan cerita dalam novel.di samping itu hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah penelitian sestra dan dapat dijadikan sebagai pedoman penelitian selanjutnya. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut: a) mendeskripsikan dominasi patriarki dalam novel Perempuan Berkalung Sorban. b) mendeskripsikan bentuk-bentuk kesadaran gender tokoh utama dalam novel Perempuan Berkalung Sorban. c) mendeskripsikan perjuangan yang di usahakan tokoh utama untuk melepaskan diri dari dominasi patriarki. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian. Metode ini digunakan untuk mengetahui bentuk, isi dan sifat sastra data-data yang tertulis berupa satuan cerita terdapat dalam sumber data. Penelitian ini menggunakan pendekatan feminisme. Pendekatan tersebut sesuai dengan penelitian ini karena mengkaji tentang tokoh perempuan. Berdasarkan tujuan di atas, maka dalam analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: 1) dalam novel perempuan berkalung sorban karya Abidah El Khalieqy terdapat beberapa laki-laki yang sangat mendominasi kehidupan tokoh utama pada waktu kecil sampai dewasa seperti perlakuan yang tak sama tehadap tokoh utama dan kurang diberi kebebasan dalam melakukan sesuatu. Perbuatan tokoh utama selalu salah didepan bapaknya karena tokoh utama perempuan jadi semua yang tokoh utama kerjakan selalu tidak pernah benar. 2) kesadaran gender tidak pernah mendapat kasih sayang dari suami pertama dan perlakuan yang kurang baik terhadap tokoh utama. Perceraian tokoh utama dengan suami pertama disebabkan perlakuan suami yang tidak baik terhadap tokoh utama. 3) perjuangan tokoh utama untuk mendapatkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Pada waktu kecil tokoh utama selalu melakukan kegiatan yang dilakukan laki-laki. Perjuangan untuk menentukan jodoh tokoh utama tidak pernah mau menerima suami yang tidak pernah tahu latar belakangnya. Dengan suami pertama Anisa (tokoh utama) yang diperlakukan tidak seperti manusia, Anisa sering mendapatkan siksa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 01 Jun 2016 01:54
Last Modified: 01 Jun 2016 01:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31178

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo