UMM Institutional Repository

PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KEMAMPUAN KOGNISI PADA ANAK RETARDASI MENTAL KELAS VI DI SDLB NEGERI BADEAN 5 BONDOWOSO

FIANSYAH, MIKE NUR (2011) PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KEMAMPUAN KOGNISI PADA ANAK RETARDASI MENTAL KELAS VI DI SDLB NEGERI BADEAN 5 BONDOWOSO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-mikenurfia-21457-BAB+I.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-mikenurfia-21457-PENDAHUL-N.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Bahasa merupakan alat utama untuk berinteraksi dengan orang lain, tanpa bahasa manusia tidak akan sempurna. Setiap anak yang diberi kesempurnaan dan ketidak sempurnaan dalam penguasaan bahasa, anak yang terlahir normal akan dengan mudah menerima bahasa yang didengarnya. Sedangkan anak yang terlahir tidak normal akan mengalami kesulitan dalam menerima bahasa dan penguasaan kosakata. Anak yang mengalami kelemahan dalam penguasaan bahasa terutama kosakata disebut anak Retardasi Mental. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode kuantitatif data yang berupa angka-angka ditafsirkan dalam tingkat penguasaan kosakata bahasa Indonesia yang berbentuk tabel. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada anak retardasi mental berhubungan dengan perkembangan kemampuan kognisi. Data penelitian berupa data penguasaan kosakata diseleksi, data dianggap sah apabila identitas siswa jelas dan hasil pekerjaan sesuai dengan petunjuk. Data yang diseleksi dikelompokkan berdasarkan jenis kosakata berdasarkan kemampuan berpikir dan mengingat. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam skripsi ini adalah metode cakap tak semuka dan teknik catat. Teknik cakap tak semuka digunakan untuk memperoleh data penguasaan kosakata bahasa Indonesia dengan cara memberikan daftar pertanyaan yang telah diperoleh. Selanjutnya data penguasaan kosakata diseleksi dan dicatat dalam kartu data berdasarkan jenis kosakata, yaitu kosakata benda, kosakata kerja, dan kosakata sifat. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada anak retardasi mental berhubungan dengan kemampuan berpikir dan mengingat sehingga mampu mengembangkan kemahiran siswa dalam berbahasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 01 Jun 2016 01:50
Last Modified: 01 Jun 2016 01:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31175

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo