UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE QUANTUM TEACHING MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI SISWA KELAS IV SDN TEGALWERU KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

Ningdiyah, Eridani Kusuma (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE QUANTUM TEACHING MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI SISWA KELAS IV SDN TEGALWERU KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--eridanikus-27235-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--eridanikus-27235-2-babi.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada SDN Tegalweru kelas IV kecamatan Dau Kabupaten Malang penyebab rendahnya hasil belajar dikarenakan 1) Kurangnya pemahaman materi yang dibaca oleh siswa, 2) Kebosanan yang dialami siswa karena guru menggunakan metode klasikal dalam menyampaikan materi, 3) Minimnya media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran dalam materi energi panas dan bunyi. Hasil nilai pra tindakan siswa rata-rata 46. Mengingat beberapa permasalahan di atas peneliti berupaya mengatasinya dengan melakukan penelitian tindakan kelas yang memberi solusi. Tujuan penelitian untuk menjelaskan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Quantum Teaching pada materi Energi Panas dan Energi Bunyi SDN Tegalweru kelas IV kecamatan Dau kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Dalam setiap siklus ada empat tahapan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi selama pembelajaran berlangsung. Dari skor akhir penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Quantum Teaching siswa ikut langsung dalam pembelajaran dan mengikutsertakan lingkungan sebagai sumber belajar sehingga siswa semakin senang dan termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Quantum Teaching pada penerapan tindakan siklus 1 menunjukkan 52% yang tuntas dan masih ada 48% yang tidak tuntas hasil belajar siswa meningkat menjadi 62, sedangkan pada siklus 2 hasil menunjukkan 86% siswa yang tuntas dan 13% tidak tuntas belajar siswa meningkat menjadi 72. Berdasarkan dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa selama pembelajaran. Sehingga siswa lebih semangat, tertarik, dan aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 10:28
Last Modified: 31 May 2016 10:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31171

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo