UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN PERKALIAN BILANGAN BERSUSUN MELALUI METODE NAPIER SISWA KELAS IV-A SDN BALONG JERUK, KUNJANG, KEDIRI

IZATI, NANING TRIWULAN (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PERKALIAN BILANGAN BERSUSUN MELALUI METODE NAPIER SISWA KELAS IV-A SDN BALONG JERUK, KUNJANG, KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--naningtriw-27236-2-babi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--naningtriw-27236-1-pendahul-n.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal peneliti dalam proses pembelajaran matematika di kelas IV-A SDN Balongjeruk Kecamatan Kunjang, didapatkan bahwa, pada saat proses pembelajaran Matematika belum berpusat pada siswa (Student Centered), sehingga siswa tidak terlalu aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diciptakan suasana belajar matematika yang menyenangkan dengan menggunakan Metode Napier. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perkalian bilangan bersusun dengan menggunakan Metode Napier. Kelebihan dari metode ini adalah dapat mempermudah dan mempercepat siswa dalam menyelesaikan soal-soal perkalian bersusun. Selain itu metode ini pun merupakan metode yang sangat menyenangkan bagi siswa dikarenakan siswa dapat mengerjakan soal-soal sambil bermain. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar siswa pada materi Perkalian Bilangan Bersusun di kelas IV-A SDN Balongjeruk Kecamatan Kunjang. Pada siklus I rata-rata nilai siswa yaitu 71,6, siswa tuntas hanya 16 dari 25 siswa atau 64%. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa yaitu 77,2, pada siklus II diperoleh 22 dari 25 siswa yang mencapai ketuntasan dari KKM yang ditetapkan oleh peneliti yaitu 65, sehingga penelitian ini dihentikan karena pada siklus II pencapaian ketuntasan hasil belajar mencapai 88%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 10:26
Last Modified: 31 May 2016 10:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31170

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo