UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYAMPAIKAN PESAN MELALUI METODE ROLE PLAYING DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMBERSARI 01 KOTA MALANG

AYUNINGTYAS, NORMA SYLVIA (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYAMPAIKAN PESAN MELALUI METODE ROLE PLAYING DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMBERSARI 01 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--normasylvi-27237-1-pendahul-n.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--normasylvi-27237-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal pada siswa kelas IV SD Negeri Sumbersari 01 Kota Malang ditemukan beberapa permasalahan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam materi pesan melalui telepon, yaitu: (1) siswa cenderung pasif dalam pembelajaran; (2) siswa mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran; (3) rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, sehingga guru berperan aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu diadakan pembaharuan dalam hal metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang sesuai adalah metode role playing, yaitu metode pembelajaran yang menekankan kenyataan dimana para murid diikutsertakan dalam permainan peranan di dalam mendemonstrasikan masalah-masalah sosial. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan metode role playing dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menyampaikan pesan pada siswa kelas IV SD Negeri Sumbersari 01 Kota Malang; (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam materi menyampaikan pesan dengan penerapan metode role playing pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Sumbersari 01 Kota Malang. Penelitian yang dilakukan peneliti dan guru merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sumbersari 01 Kota Malang yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Tindakan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni pada semester II tahun ajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sumbersari 01 Kota Malang pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Perolehan nilai rata-rata pos-tes yang juga mengalami peningkatan, dari nilai rata-rata sebelumnya 67 dengan presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 50% mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata siswa sebesar 75 dan presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 80% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa sebesar 89 dan presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 95%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 10:25
Last Modified: 31 May 2016 10:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31168

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo