UMM Institutional Repository

METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS dan HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN GIRIMOYO 03 KARANGPLOSO

WULANDARI, NOVI (2012) METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS dan HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN GIRIMOYO 03 KARANGPLOSO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--noviwuland-27241-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--noviwuland-27241-2-babi.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Girimoyo 03 Karangploso, pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit disebabkan karena kurang terlibatnya siswa pada proses pembelajaran, dalam artian siswa pasif selama proses pembelajaran. Penggunaan metode kooperatif tipe Group Investigasi dijadikan alternatif dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Sehingga siswa akan lebih aktif dalam belajar tentang materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit. Jenis penelitian ini yaitu PTK, penelitian tindakan ini terdiri dari siklus satu ke siklus berikutnya. Tahapan setiap siklus dimulai dari observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, analisis data, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Girimoyo 03 Karangploso. Waktu penelitian tepatnya di mulai sejak tanggal 1 Desember 2010 dari permohonan izin observasi, mengamati pembelajaran di kelas IV, memberikan solusi sampai selesai. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas IV dengan jumlah siswa 50 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : (1) Observasi; (2) Dokumentasi; (3) Tes. Teknik analisis data menggunakan analisis penerapan metode Group Investigasi dan analisis hasil belajar. Teknik analisa data bersifat kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif di analisis dengan menghitung prosentase kemampuan siswa melalui nilai tes kemudian di deskripsikan. Setelah dilakukan analisis data bahwa penggunaan metode Group Investigasi dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN Girimoyo 03 Karangploso terbukti dapat meningkatkanaktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 64,5% dan meningkat menjadi 75 % pada siklus 2. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 54% dan meningkat menjadi 80% pada siklus 2. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metode Group Investigasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada metri perubahan kenampakan bumi dan benda langit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 10:22
Last Modified: 31 May 2016 10:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31165

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo