UMM Institutional Repository

PEMERTAHANAN BAHASA SASAK PADA MAHASISWA FORUM STUDI MAHASISWA LOMBOK (FORSIMAL) DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG (Sebuah Tinjauan Sosiolinguistik)

FIKRI, AHDIYAN ALI (2011) PEMERTAHANAN BAHASA SASAK PADA MAHASISWA FORUM STUDI MAHASISWA LOMBOK (FORSIMAL) DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG (Sebuah Tinjauan Sosiolinguistik). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ahdiyanali-22374-BAB+I.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ahdiyanali-22374-PENDAHUL-N.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

AHDIYAN ALI Fikri pelestarian bahasa Sasak oraganisasi Forum Studi Mahasiswa Pada siswa Lombok (FORSIMAL) di Universitas Islam Malang, sebuah upaya pelestarian bahasa Sasak tidak hanya termasuk pembinaan bahasa Indonesia, tetapi pembinaan terhadap bahasa lokal. Karena pentingnya barperan bahasa lokal praktis dalam konteks komunikasi di wilayah ini, selain memainkan peran penting dalam membimbing bahasa Indonesia. bahasa daerah perlu dijaga agar tidak punah atau digantikan oleh keberadaan bahasa lain seperti bahasa asing atau bahasa Indonesia. Tingkat penggunaan antara bahasa daerah itu sendiri telah menurun. Banyaka yang berpendapat bahwa pengajaran bahasa daerah sebenarnya akan mengganggu upaya anak untuk menguasai bahasa Indonesia. Akibatnya saat ini generasi muda tidak lagi mahir dalam menggunakan bahasa lokal. Penggunaan bahasa daerah yang luas di banyak daerah di Indonesia, sebagian besar dilakukan oleh penutur asli bahasa tersebut. Oleh karena itu, perlu kawasan pelestarian bahasa termasuk salah satu pelestarian bahasa Sasak. Berdasarkan hal ini, peneliti tertarik untuk memperoleh gambaran tentang retensi siswa dalam bahasa Sasak studi mahasiswa forum organisasi Lombok (FORSIMAL) di Universitas Islam Malang. Permasalahan yang ingin belajar adalah (1) pelestarian bahasa Sasak ketika membahas topik resmi, (2) ketika membahas topik tidak resmi, dan (3) ketika mendiskusikan dengan orang lain. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pelestarian bahasa Sasak Lombok mahasiswa di Universitas Islam Malang ketika membahas topik resmi, tidak resmi, dan diskusi dengan orang-orang di luar FORSIMAL organisasi itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dari metode kuantitatif dan kualitatif, metode kuantitatif yaitu tingkat diguanakan untukmenghitung kerapan pemilihan bahasa dalam bentuk angka - angka, dan metode kualitatif digunakan untuk situasi meperjelas nyata atau deskripsi dari fenomena Dari penelitian ini menemukan bahwa hasil gagasan tentang tingkat retensi bahasa Sasak pada siswa Lombok Forum Studi Mahasiswa (FORSIMAL) di Universitas Islam Malang. Bahasa yang mereka gunakan ketika membahas topik resmi adalah bahasa Sasak dan bahasa Indonesia. Sedangkan tingkat penggunaan bahasa Sasak sangat baik. Selama bahasa domininan topik diskusi tidak resmi adalah bahasa yang mereka gunakan Sasak dan bahasa Indonesia. Dengan demikian, bahasa Sasak tingkat retensi sangat baik dilakukan dan ketika berdiskusi dengan orang di luar bahasa organisasi FORSIMAL mereka gunakan adalah bahasa Sasak, bahasa Sasak pelestarian yang dilakukan oleh anggota FORSIMAL sangat baik. Jadi Sasak tingkat retensi bahasa yang dilakukan oleh anggota ketika membahas topik FORSIMAL resmi, tidak resmi, dan dengan orang luar FORSIMAL organisasi. Sasak bahasa tingkat retensi sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 31 May 2016 10:21
Last Modified: 31 May 2016 10:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31164

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo