UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PUZZLE UNTUKMENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS 1 SDN GIRIMOYO III KABUPATEN MALANG

NURWIJAYANTI, RISCHA (2012) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PUZZLE UNTUKMENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS 1 SDN GIRIMOYO III KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--rischanurw-27243-2-babi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--rischanurw-27243-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam bercerita. Hal ini disebabkan ketika siswa diminta bercerita di depan kelas siswa tidak mau maju, diam membisu, lupa, tidak lancar dan dari 48 siswa 31% yang memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 65. Selain itu, media yang digunakan guru kurang tepat dalam pembelajaran sehingga perlu adanya alternatif media yang tepat. Karakter anak sekolah dasar yang lebih suka bermain sehingga peneliti memilih media gambar puzzle sebagai alternatif peningkatan motivasi dan keterampilan bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui sejauh mana tingkat motivasi siswa dengan menggunakan media gambar puzzle pada siswa kelas 1 SDN Girimoyo III Kabupaten Malang dalam pembelajaran keterampilan bercerita. 2) mengetahui sejauh mana tingkat keterampilan bercerita dengan menggunakan media gambar puzzle pada siswa kelas 1 SDN Girimoyo III Kabupaten Malang. 3) mengetahui implementasi penggunaan media gambar puzzle dalam upaya meningkatkan motivasi dan keterampilan bercerita siswa kelas 1 SDN Girimoyo III Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Girimoyo III Kabupaten Malang dengan subjek kelas I yang berjumlah 48 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan tes. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa: 1) motivasi siswa dalam pembelajaran bercerita menggunakan media gambar puzzle meunjukkan peningkatan. Skor rata – rata motivasi siswa dari 3,7 pada siklus I menjadi 4,1 pada siklus II. 2) hasil tes bercerita pada siklus I menunjukkan bahwa 20 siswa (41,7%) yang tuntas dan yang tidak tuntas 28 siswa (58,3%). Pada siklus II yang tuntas 38 siswa (79,2%) dan yang tidak tuntas 10 siswa (20,8%). Dari hasil tersebut diketahui hasil bercerita siswa meningkat 38%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 10:21
Last Modified: 31 May 2016 10:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31163

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo