UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEMESTER 2 SDN GIRIMOYO 03 KABUPATEN MALANG

Kamilah, Insanul (2012) PENGGUNAAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEMESTER 2 SDN GIRIMOYO 03 KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--insanulkam-27244-2-babi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--insanulkam-27244-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SDN Girimoyo 03 Kab. Malang pada pelajaran Matematika melalui penggunaan metode Cooperative Learning Model STAD. Mata pelajaran Matematika dipilih karena hasil nilai semester gasal menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas 69,36%, ada 28 dari 50 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM yang telah ditetapkan yakni 70. Banyaknya siswa yang belajar didalam kelas yaitu 50 siswa sehingga guru biasa menggunakan metode diskusi kelompok, tetapi guru hanya membagi kelompok sesuai dengan keinginan siswa itu sendiri sehingga menyebabkan prestasi yang tidak merata. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas adalah tes dan observasi. Subyek penelitian berjumlah 50 siswa, dengan perincian 19 siswa laki-laki dan 31 siswa perempuan. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik deskriptif kuantitatif dengan sumber data dari refleksi proses belajar mengajar yang dilakukan guru dengan menggunakan metode Cooperative Learning Model STAD. Setelah dilakukan analisis data bahwa penggunaan metode Cooperative Learning Model STAD dalam pembelajaran Matematika dikelas V SDN Girimoyo 03 Kab. Malang terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada siklus pertama mempunyai rata-rata sebesar 78,22 % dengan kriteria aktif. Pada siklus kedua mempunyai rata-rata sebesar 83,52 % dengan kriteria aktif. Oleh karena itu diperoleh rata-rata pada indikator aktivitas belajar siswa naik sebesar 5,3%. Penerapan metode Cooperative Learning model STAD pada pembelajaran Matematika di kelas V SDN Girimoyo 03 Kab. Malang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penilaian prestasi belajar siswa menunjukkan bahwa siswa tergolong tuntas belajar sebanyak 37 siswa (78,72%) pada siklus I kemudian naik menjadi 38 siswa (84,44%) pada siklus II. Jadi penilaian prestasi belajar siswa menggunakan metode STAD meningkat sebesar 5,72%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 10:19
Last Modified: 31 May 2016 10:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31161

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo