UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA RUMAH PERKALIAN MELALUI PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT KELAS V SDN CARANGWULUNG I WONOSALAM JOMBANG

DEWI, ANISA SEPTIA (2012) PENGGUNAAN MEDIA RUMAH PERKALIAN MELALUI PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT KELAS V SDN CARANGWULUNG I WONOSALAM JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--anisasepti-27245-1-pendahul-n.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--anisasepti-27245-2-babi.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pembelajaran matematika di SDN Carangwulung 01 Wonosalam Jombang diantaranya adalah aktivitas belajar khususnya aktivitas belajar siswa masih tergolong rendah sehingga mempengaruhi hasil belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mendiskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran media Rumah Perkalian sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika perkalian dan pembagian bilangan bulat siswa kelas V SDN Carangwulung 1 Jombang (2) untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika pada materi perkalian dan pembagian bilangan bulat siswa kelas V SDN Carangwulung 1 Jombang dengan menggunakan media Rumah Perkalian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 17 September- 01 Oktober 2011 dengan menggunakan dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan media Rumah Perkalian pada siswa kelas V SDN Carangwulung I Wonosalam Jombang dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dilakukan dengan dua siklus yaitu dengan langkah-langkah pembelajaran: (1) pembentukan kelompok oleh guru, (2) melakukan permainan, (3) melempar dadu menentukan pemain pertama, (4) menjawab pertanyaan, (5) guru memberi batasan permainan, (6) menentukan pemenang, (7) memberi penguatan konsep-konsep penting, (8) guru menutup pembelajaran. Pada penelitian ini juga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Pada aktivitas terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II secara klasikal yaitu pada siklus I 76,44% ada peningkatan pada siklus II 15,88% dengan rata-rata keseluruhan 92,32%. Pada hasi belajar siswa pada siklus 1 mengalami ketuntasan klasikal sebesar 55,56% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 dari 18 siswa sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu menjadi 77,78% ketuntasan klasikal dengan siswa yang tuntas sebanyak 14 dari jumlah keseluruhan 18 siswa. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pembelajaran denggan penggunaan media Rumah Perkalian dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika kelas V.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 10:18
Last Modified: 31 May 2016 10:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31160

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo