UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MODEL CTL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENCAHAYAAN KELAS V SD AISYIYAH KOTA MALANG

PUTRA, TEGUH SETIAWAN (2012) PENGGUNAAN MODEL CTL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENCAHAYAAN KELAS V SD AISYIYAH KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--teguhsetia-27249-1-pendahul-n.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--teguhsetia-27249-2-babi.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pembelajaran IPA di SD Aisyiyah Kota Malang diantaranya adalah aktivitas belajar khususnya aktivitas belajar siswa masih tergolong rendah sehingga mempengaruhi hasil belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mendiskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran Model CTL (Contextual Teaching and Leraning) sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Materi Pencahayaan siswa kelas V SD Aisyiyah Kota Malang (2) untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pada Materi Pencahayaan siswa kelas V SD Aisyiyah Kota Malang dengan menggunakan model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Leraning). Penelitian untuk penulisan skripsi ini dibatasi pada pemecahan masalah dari beberapa segi yaitu kondisi psikologis siswa, kondisi sosial siswa, dan kondisi akademis siswa. Peneliti skripsi ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memerlukan beberapa siklus, ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Subyek penelitian adalah mata pelajaran IPA pada semester genap tahun akademik 2010/2011, Obyek penelitian adalah siswa kelas V SD Aisyiyah Kota Malang yang berjumlah 19 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan. Penelitian dilaksanakan tanggal pada bulan April-Mei. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Hasil rata-rata pada Pra siklus yaitu 60,52, siklus I yaitu 70 dan siklus II berjumlah 78,94. Presentase hasil belajar siswa dengan jumlah KKM yang di tentukan sekolah yaitu 65. Pada Pra Siklus mencapai ketuntasan yaitu 47,36% dengan siswa yang belum mencapai ketuntasan yaitu 52,64% dengan hasil aktivitas yaitu 61,84%. Siklus I yang mencapai ketuntasan yaitu 63,15% dan siswa yang belum mencapai ketuntasan yaitu 36,85% dengan hasil aktivitas yaitu 63,15%. Sedangkan pada siklus II yang mencapai ketuntasan adalah 89,47% dan yang belum tuntas yaitu 10,52% dengan hasil aktivitas yaitu 68,85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) membantu siswa menghubungkan materi yang akan diajari dengan situasi dunia nyata Sehingga aktivitas dan hasil belajar IPA materi pencahayaan Siswa Kelas V SD Aisyiyah Kota Malang meningkat. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar ini karena guru selalu memperbaiki kinerjanya pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 10:15
Last Modified: 31 May 2016 10:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31157

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo