ARIFIN, AULIA NUR (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERAJAAN DAN PENINGGALAN HINDU DI INDONESIA MELALUI METODE STAD PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 KALISARI BANYUGLUGUR SITUBONDO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummb--aulianurar-27250-2-babi.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummb--aulianurar-27250-1-pendahul-n.pdf Download (217kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS peserta didik kelas V SDN 1 Kalisari. Dari hasil observasi yang dilaksanakan penulis di SDN 1 Kalisari menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik tergolong rendah karena sistem pembelajaran yang didominasi oleh guru dan peserta didik hanya duduk dan mendengarkan. Hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS tentang kerajaan dan peninggalan Hindu di Indonesia melalui metode STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan prosedur pelaksanaan mulai dari indentifikasi masalah, perencanaan tindakan, peleksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada semester 1 di kelas V. Hasil belajar (nilai rata-rata) mengalami peningkatan 63,9 pada prasiklus, 65,3 pada siklus I dan 70,2 pada siklus II. Sejalan dengan hasil belajar, tingkat ketuntasan klasikal pun mengalami peningkatan yakni 54,2% pada prasiklus, 62,5% pada diklus I dan 83,3% pada siklus II Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan metode STAD dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar, metode STAD diharapkan dapat diterapkan pada materi yang lain dengan tujuan dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | Mrs Fatimah Azzahra |
Date Deposited: | 31 May 2016 10:13 |
Last Modified: | 31 May 2016 10:13 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31155 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |