UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI GENENGWARU, REMBANG, PASURUAN MATERI BENTUK-BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA DENGAN METODE SIMULASI

SWANDANA, DIDIN ENDRA (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI GENENGWARU, REMBANG, PASURUAN MATERI BENTUK-BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA DENGAN METODE SIMULASI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--didinendra-27253-2-babi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--didinendra-27253-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian didasari atas pemikiran bahwa pembelajaran PKn di SD Negeri Genengwaru Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, akibatnya siswa terlihat kurang aktif dan berdampak pada pemahaman dan hasi belajar siswa menjadi rendah. Adapun tujuan penelitian ini: Untuk mendiskripsikan bagaimana peningkatkan hasil belajar PKn pada materi bentuk-bentuk keputusan bersama siswa kalas V SD Negeri Genengwaru Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan melalui metode simulasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Genengwaru Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan siswa kelas V yang terdiri dari 24 siswa tahun ajaran 2010/2011. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: a) perencanaan, b) pelaksanaan, c) observasi, dan d) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penggunaan metode simulasi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam menerima materi bentuk-bentuk keputusan bersama pada mata pelajaran PKn yang ditunjukkan dengan peningkatan aktifitas belajar siswa yaitu pada siklus I dengan rata-rata 65,95% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 75,62%. 2) Penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Genengwaru Kecamatan Rembang pada pelajaran PKn materi bentuk-bentuk keputusan bersama. Hal ini ditandai dengan terjadinya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 61,75%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 75,66%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 10:10
Last Modified: 31 May 2016 10:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31153

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo