UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN ORO-ORO OMBO 03 BATU PADA PEMBELAJARAN PERISTIWA ROTASI BUMI, REVOLUSI BUMI DAN BULAN MELALUI METODE SIMULASI

SETIONO, EKO (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN ORO-ORO OMBO 03 BATU PADA PEMBELAJARAN PERISTIWA ROTASI BUMI, REVOLUSI BUMI DAN BULAN MELALUI METODE SIMULASI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--ekosetiono-27266-1-pendahul-n.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--ekosetiono-27266-2-babi.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Perkembangan tekhnologi tidak akan lepas dari perkembangan bidang IPA. Perkembangan dari bidang IPA tidak mungkin terjadi bila tidak disertai dengan peningkatan mutu pendidikan IPA, sedangkan selama ini pelajaran IPA dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Hal ini dapat dilihat dari nilai Ebtanas murni (NEM) IPA yang rata-rata masih rendah bila dibandingkan dengan pelajaran lainnya. Ini menunjukkan perlu adanya perhatian khusus terhadap upaya peningkatan mutu pembelajaran pelajaran IPA. Untuk itu diperlukan suatu upaya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran salah satunya adalah dengan memilih strategi atau cara dalam menyampaikan materi pelajaran agar diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa khususnya pelajaran IPA. Misalnya dengan membimbing siswa untuk bersama-sama terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan mampu membantu siswa berkembamg sesuai dengan taraf intelektualnya akan lebih menguatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang diajarkan. Pemahaman ini memerlukan minat dan motivasi. Tanpa adanya minat menandakan bahwa siswa tidak mempunyai motivasi untuk belajar. Untuk itu, guru harus memberikan suntikan dalam bentuk motivasi sehingga dengan bantuan itu anak didik dapat keluar dari kesulitan belajar selain itu diperlukan adanya inovasi baru dalam memilih media dan tekhnik pembelajarn sehingga kompetensi yang akan dicapai dapat tercapai jika siswa memiliki motovasi dan tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran khusunya IPA. Untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan subtek penelitian siswa kelas V SDN Oro-oro Ombo 03 Batu. Kegiatan dilakukan dengan observasi, analisis permasalahan dan pemberian tindakan. Setelah diketahui, data awal menunjukkan perlu adanya perubahan metode dan teknik untuk meningkatkan motivasi, keaktifan, dan hasil belajar IPA. Setelah dilakukan penelitian dan tindakan yang sesuai rancangan, penelitian menunjukkan adanya perubahan pada diri siswa. Motivasi siswa dalam belajar yang awalnya belum tergali dapat muncul dengan teknik yang diterapkan peneliti. Begitu pula dengan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap kompetensi yang diajarkan. Teknik dan sumber belajar dapat merangsang siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Setelah kedua aspek tersebut tercapai dapat diketahui perubahan dan peningkatan terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hasil observasi peneliti dari kegiatan awal hingga akhir menunjukkan adanya hasil yang signifikan. Pemanfaatan metode simulasi mampu membawa siswa lebih aktif dan memahami lebih dalam kompetensi yang diajarkan. Selain menarik, karena sedikit bermain dengan pembelajaran kontekstual siswa juga tidak melupakan tujuan kompetensi yang dibelajarkan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa selama ini guru cenderung menggunakan media dan teknik pembelajaran yang kurang bervariasi sehinga siswa merasa jenuh. Diharapkan setelah penelitian dilakukan guru dapat menemukan dan melakukan inovasi baru dalam setiap pembelajaran agar motivasi dan keaktifan dapat muncul dan berpengaruh terhadap hasil belajar (khususnya pembelajaran IPA). Terbukti dari penelitian yang telah dilakukan Metode Simulasi siswa dapat terlihat perubahannya dan diimbangi dengan motivasi ,keaktifan dan hasil belajar siswa dalam memahami KD mendiskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan bulan dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 10:05
Last Modified: 31 May 2016 10:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31149

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo