UMM Institutional Repository

OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN AKTE KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN MOJOKERTO

Affani, Ferdiana Dwi Budi (2011) OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN AKTE KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ferdianadw-23934-BAB+I.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ferdianadw-23934-PENDAHUL-N.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Selama ini respon publik belum mendapat perhatian serius dari penyelenggara pelayanan publik. Belum ada saluran yang mudah bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan atas pelayanan publik yang diterimanya. Apabila dalam pengurusan pembuatan akte kelahiran terdapat kesalahan dari pihak Dinas, maka hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan pengajuan keluhan pada loket bagian informasi yang kemudian ditanggapi oleh bagian pengaduan yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Mojokerto. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mojokerto dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan kemudahan dalam pembuatan akte kelahiran. Salah satu bentuk pelayanan publik adalah pelayanan dalam bidang pembuatan akte kelahiran. Masyarakat seringkali mengeluhkan layanan yang diberikan PEMDA setempat mulai dari layanan yang berbelit-belit, ketidak transparanan, dan tidak jelasnya masalah biaya dalam pembuatan akte kelahiran. Oleh karena itu, sejumlah Pemerintah Daerah semakin menyadari betapa pentingnya memberikan pelayanan yang tidak berbelit-belit, cepat, dan biaya yang jelas kepada masyarakat. Banyaknya ketidak transparansi dalam menjalankan prosedur pembuatan akte kelahiran membuat masyarakat melakukan protes. Akan tetapi pihak yang bersangkutan masih belum melakukan perbaikan terhadap permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: Observasi dan wawancara serta dokumentasi. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahanya, data dianalisis dengan cara penyajian data sekaligus dianalisis dan penarikan kesimpulan. Dari hasil data yang diperoleh (1). Mekanisme pelayanan publik dalam pembuatan akte kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mojokerto selama ini disesuaikan dengan mekanisme pelyanan publik yaitu mengambil formulir pendaftaran di loket I, kemudian menyerahkan berkas ke loket II, kemudian pembayaran retribusi di loket III dan pengambilan akte kelahiran di loket IV. Dalam hal ini pemohon akte mengambil formulir pemohonan akte kelahiran kemudian pemohon mengisi dan mengurus atau memeriksa pemohonan kepada bagian pemeriksa akte kelahiran yang menyertakan syarat-syarat permohonan akte kelahiran lalu ke loket pendaftaran. Setelah semua proses permohonan selesai pemohon menunggu dalam jangka waktu proses atau penerbitan akte kelahiran sesuai dengan kebijakan pelayanan pembuatan akte kelahiran, pemohon berhak mengambil akte kelahiran di loket IV bagian menyerahkan kutipan akte kelahiran. Selain itu, mengenai waktu dan biaya disesuaikan dan mengacu pada perda no 10. Tahun 2005 dan biaya yang dikenakan disesuaikan dengan perda no 16 tahun 2001. (2) Optimalisasi peningkatan sarana dan prasarana sebagai pendukung pelayanan publik adalah dengan menambah komputer untuk kemudahan pencetakan dan pembuatan akte kelahiran yang telah berintegrasi dengan sistem informasi kependudukan dan catatan sipil. Selain itu juga diwujudkan dalam bentuk Webset dispenduk Kabupaten Mojokerto untuk menampung aspirasi atau pengaduan melalui kotak saran dan melalui media internet yang mudah di akases untuk evaluasi dan perbaikan kualitas pelayanan berstandart. Sedangkan optimalisasi sarana prasarana lainnya adalah dengan memperbaiki kamar mandi, kantin dan ruang tunggu yang memadai. Karena selama ini fasilitas sarana prasarana disini sudah dapat dikatakan cukup baik, hanya perlu pembenahan dan kebersihan agar masyarakat yang meminta pelayanan merasa nyaman. Sedangkan dalam aspek teknologi Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Mojokerto telah menggunakan teknologi komputerisasi dalam pembuatan akte untuk mencapai pelayanan cepat, tepat dan sesuai aturan yang ada walaupun secara umum belum menerapkan sepenuhnya teknologi hanya pada pengetikan dan pebuatan kutipan akte kelahiran sudah menerapkan teknologi komputerasiasi. Sedangkan untuk proses pemeriksaan masih menggunakan cara konvensional atau manual. (3) Sumber daya manusia dalam pelaksanaan pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Mojokerto selalu berusaha menjalankan tugas dan fungsi organisasi dengan mengedepankan rasa tanggap, mendahulukan kepentingan masyarakat serta memberikan pelayanan yang baik. Untuk mengoptimalkan pengetahuan dan komitmen kerja dalam pelayanan terhadap masyarakat Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Mojokerto mengadakan pelatihan dan diklat untuk pengetahuan dan komitmen kerja baik didiklat sebelum pra jabatan maupun diklat dalam jabatan antara lain: Sosialisasi SIAK di Jakarta, Pembekalan teknis data base SIAK di Jakarta, Advokasi dan sosialisasi NIK dan e-KTP di Jakarta, Rakernas administrasi kependudukan di Batam, Bimbingan teknis SIAK di Surabaya dan Pelayanan SOP (Standar Operasional).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 31 May 2016 09:51
Last Modified: 31 May 2016 09:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31141

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo