UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA DAERAH MATERI PANYANDRA MELALUI STRATEGI DOLANAN SISWA KELAS VA SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG

RAHAJENG, INSAN (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA DAERAH MATERI PANYANDRA MELALUI STRATEGI DOLANAN SISWA KELAS VA SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--insanrahaj-27476-1-pendahul-n.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--insanrahaj-27476-2-babi.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran Bahasa Daerah kurang berjalan dengan efektif, hal ini dikarenakan terbatasnya media pembelajaran yang digunakan juga metode pembelajaran yang diterapkan kurang tepat dan menarik juga latar belakang siswa yang dalam kesehariannya menggunakan Bahasa Indonesia . Siswa terlihat pasif dalam proses pembelajaran, pasifnya siswa dapat diketahui dari kurangnya antusias siswa dalam memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari guru serta minimnya keinginan siswa untuk bertanya. Hal itu berdampak pada hasil belajar siswa yang masih kurang memenuhi standar ketuntasan nilai yaitu 65. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan strategi dolanan, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Daerah materi panyandra siswa kelas VA SD Muhammadiyah 9 Malang, jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan perbaikan perencanaan yang terdiri atas II siklus. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VA SD Muhammadiyah 9 Malang yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian nilai Bahasa Daerah materi panyandra melalui strategi dolanan adalah sebagai berikut: Sebelum siklus siswa yang tuntas sejumlah 6 siswa (29%) dari 21 siswa. Hasil belajar pada siklus I siswa yang tuntas belajar sejumlah 8 siswa (43%) dari 19 siswa, sedangkan hasil belajar pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar sejumlah 18 siswa (90%) dari 21 siswa. Karena sudah memenuhi indikator keberhasilan dan memenuhi target yang sudah ditentukan maka penelitian ini dihentikan pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan: Hasil belajar siswa kelas Kelas VA SD Muhammadiyah 9 Malang setelah melalui strategi dolanan pada materi panyandra mata pelajaran Bahasa Daerah terdapat peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut, disarankan: Bagi guru mata pelajaran, strategi dolanan dapat menjadi alternatif dalam mengatasi masalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Daerah, terutama pada materi panyandra, bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran melalui strategi dolanan dengan pokok bahasan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 09:36
Last Modified: 31 May 2016 09:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31128

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo