UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (Somatis Auitory Visual Intellectual) SISWA KELAS V SDN TEGALWERU I DAU KABUPATEN MALANG

ULFA, HILDA MARIA (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (Somatis Auitory Visual Intellectual) SISWA KELAS V SDN TEGALWERU I DAU KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--hildamaria-27478-2-babi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--hildamaria-27478-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang peneliti lakukan di kelas V SDN Tegalweru Dau Malang, didapatkan fakta bahwa pada saat pembelajaran IPA guru dominan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab selama pembelajaran. Hal ini menyebabkan aktivitas belajar siswa cenderung pasif. Selain itu hasil belajar siswa rata-rata 64,18. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditory Visual Intellectual). Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bidang studi IPA materi pembentukan tanah melalui model pembelajaran SAVI siswa kelas V SDN Tegalweru I Dau Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian siswa kelas V SDN Tegalweru Dau Malang yang berjumlah 32 siswa, dengan rincian siswa laki-laki sebanyak 16 anak dan siswa perempuan sebanyak 16 anak. Data dalam penelitian ini berupa pernyataan dan tindakan pada materi proses pembentukan tanah.. Pelaksanaan PTK yang digunakan peneliti meliputi empat tahapan, 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V di SDN Tegalweru Dau Malang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya keberhasilan guru dalam menerapkan model pembelajaran SAVI. Hasil ketuntasan belajar siswa pada saat pra tindakan sebesar 65,62% dengan rata-rata 64,18, siklus I sebesar 78,12% dengan nilai rata-rata 75,43 dan pada siklus II prosentase meningkat 93,75% dengan nilai rata- rata 87,50. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Tegalweru Dau Malang. Disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditory Visual Intellectual) dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 09:34
Last Modified: 31 May 2016 09:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31126

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo