UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE TANYA JAWAB DIKELAS V SDN TEGALGONDO KARANGPLOSO KEBUPATEN MALANG

SARI, FETY WIDIA (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE TANYA JAWAB DIKELAS V SDN TEGALGONDO KARANGPLOSO KEBUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--fetywidias-27479-1-pendahul-n.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--fetywidias-27479-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil diskusi dengan guru mata pelajaran IPS SDN Tegalgondo Karangploso Malang diketahui, dalam proses pembelajaran IPS di SDN Karangploso Malang belum berpusat pada siswa (Student Centered), sehingga siswa tidak terlalu aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS dalam menjawab pertayaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2011 sampai dengan 29 Juli 2011. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Strategi yang digunakan pada penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif. Pembelajaran ini memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit yaitu memberikan waktu lebih banyak untuk berpikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Saat pertanyaan atau permasalahan yang diajukan keseluruh siswa, setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk memikirkan jawaban dari pertanyaan sebelum bertukar pikiran dengan teman kelompoknya. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan, untuk aktivitas guru meningkat pada siklus II mencapai 94%. Sedangkan Aktivitas siswa pada siklus II mencapai 90% dan aktivitas siswa dalam kelompok juga mengalami peningkatan menjadi 87%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa yang mencapai 80,17 dengan persentase ketuntasan secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 86%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 09:33
Last Modified: 31 May 2016 09:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31124

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo