UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM MEMBUAT PANTUN MELALUI METODE NUMBER HEADS TOGETHER SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 2 MALANG

SIMAHUSNA, TRISKA AYU (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM MEMBUAT PANTUN MELALUI METODE NUMBER HEADS TOGETHER SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--triskaayus-27480-1-pendahul-n.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--triskaayus-27480-2-babi.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi membuat pantun, masih sangat kurang untuk memenuhi kata tuntas. terlihat pada hasil pri tes yang sudah diberikan oleh peneliti pada pra tindakan yang sudah diberikan pada siswa. Sehingga perlu adanya upayah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan peneliti ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang, khususnya pada materi membuat pantun melalui metode Number Heads Together agar nilai yang dihasilkan dapat memenuhi syarat ketuntasan belajar. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang dengan jumlah siswa 23 anak yang terdiri 9 siswa perempuan dan14 siswa laki-laki. Hasil penelitian dari penerapan penggunaan Metode Number Heada Together sebagai berikut: Pada Pra Tindakan hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa sebesar 48% , pada siklus I 14 siswa yang tuntas sebesar 64%, dan pada siklus II meningkat dengan 19 siswa yang tuntas sebesar 90%. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada pra tindakan terdapat 10 siswa yang tuntas sebesar 44%, pada siklus I terdapat 13 siswa yang tuntas sebesar 59%, dan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa yang tuntas sebesar 95%. karena sudah memenuhi indikator keberhasilan dan memenuhi target yang sudah ditentukan maka penelitian ini dihentikan pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil adalah dengan adanya penerapan metode Number Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar dalam membuat pantun siswa kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang, dengan tingkat partisipasi siswa yang cukup menggembirakan dan pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 09:31
Last Modified: 31 May 2016 09:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31122

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo