UMM Institutional Repository

PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) DI KOTA MALANG(Studi di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang)

Wicaksono, Sugeng Endro (2011) PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) DI KOTA MALANG(Studi di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sugengendr-23522-bab+I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sugengendr-23522-Pendahul-..pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembuatan KTP di kota Malangf terhitung sejak tahun 2009 terpusat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Seiring berubahnya status Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil menjadi dinas pada 2009, semua proses pengurusan KTP dan KK akan terpusat di Dispenduk Capil. Perubahan itu dilakukan karena konsekuensi diberlakukannya UU No 23/2006 tentang adminitrasi kependudukan. Perubahan itu juga dipertegas dengan PP 37/2007 tentang juklak UU No 23/2006 serta Perpres 25/2008 tentang tata cara penyelenggaraan administrasi kependudukan. Selanjutnya, aturan tersebut ditindaklanjuti dengan penerbitan Perda No 15/2007 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan. Intinya, penyelenggaraan penerbitan dan penandatanganan administrasi kependudukan dilakukan dinas. Dalam penelitian ini penulis menguraikan prosedur dan persyaratan teknis Pembuatan KTP secara umum maupun secara khusus di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang. Hal-hal yang berkaitan dengan prosedural tersebut antara lain: (1) Unit Pelaksana Pelayanan Pembuatan KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang (2) Syarat-syarat Pembuatan KTP baru (3). Alur pembuatan KTP (a). Alur Umum Pembuatan KTP (b) Alur Pembuatan KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang (4) Sarana dan Prasarana Pendukung Pelayanan (5) Biaya Pembuatan KTP (6) Waktu Penyelesaian Pelayanan (7) Jam Pelayanan KTP dan KK Dari hasil penelitaian didapati bahwa masyarakat mengapresiasi semua jenis bentuk transparansi dan kemudahan yang di tawarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang. Masyarakat dalam proses pembuatan KTP. Masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, terutama menyangkut masalah kejelasan waktu penyelesaian produk pelayanan yaitu KTP. Kalau dulu masyarakat dibuat frustasi dengan waktu penyelesaian pembuatan KTP yang bisa mencapai seminggu hingga sebulan, kini masyarakat dapat menikmati hasil jerih payahnya mengikuti alur pelayanan pembuatan KTP dengan lebih cepat. Menurut peneliti, Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang mampu mentransformasi pelayanan yang dahulu dipandang ribet oleh masyarakat kini menjadi pelayanan yang lebih sederhana. Namun masih banyak yang harus diperbaiki terkait dengan teknis pelaksanaan pelayanan. Salah satunya adalah diperlukannya sebuah mekanisme pengaduan dan komplain agar masyarakat dapat secara aktif terus memantau pelayanan publik yang diselenggarakan oleh instansi terkait. Bukan bermaksud untuk membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mencari-cari kesalahan. Namun agar masyarakat dapat memberikan masukan maupun memberitahukan kelalaian instansi terkait agar dapat diperbaiki dan disempurnakan lagi. Karena pada hakekatnya, pelayanan yang baik adalah pelayanan dimana penyelenggara pelayanan publik dan masyarakat dapat berjalan bersama-sama untuk saling menyempurnakan pelayanan yang kedepannya. Masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang telah bertransformasi dari bentuk pelayanan yang tertutup menjadi lebih transparan. Transparansi tersebut berkaitan dengan kejelasan alur/prosedur pelayanan, biaya pelayanan, dan kejelasan waktu penyelesaian produk pelayanan. Selain transparansi proses layanan, masyarakat juga merasa puas dengan fasilitas ruang tunggu pelayanan yang telah disediakan dan keramahan para petugas loket layanan. Dua hal tersebut dapat mengakomodasi kenyamanan mereka dalam menjalankan proses pelayanan. Terlepas dari semua kelebihan dan peningkatan mutu kualitas pelayanan yang ditawarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang, masih terdapat hambatan dan kendala yang dialami baik oleh Dinas maupun masyarakat. Masih kurangnya sumber daya manusia dan fasilitas pembuatan KTP. Yang secara tidak langsung mempengruhi waktu penyelesaian produk pelayanan serta masih rendahnya kesadaran masyarakat mengenai tertib administrasi kependudukan menjadi persoalan tersendiri yang dihadapi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang Hambatan dan kendala pelayanan yang dihadapi oleh masyarakat pengguna pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang antara lain adalah Jarak ke lokasi pelayanan yang jauh menjadi keluhan tersendiri yang dialami oleh masyarakat dan masih adanya praktek pungutan liar di tingkat kelurahan. Walaupun tidak mengganggu proses pelayanan pembuatan KTP di dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta tidak terlalu mengundang keluhan dari masyarkat namun hal tersebut tetap saja mengganggu proses transparansi pelayanan. Penyediaan fasilitas tambahan dalam proses pembuatan KTP dan SDM yang memadai dalam bidang teknologi informasi sangat diperlukan untuk menunjang peningkatan kualitas layanan. Selain itu, perlunya mekanisme pengaduan dan komplain, agar dapat terjalin interaksi yang sinergis dengan masyarakat.Masyarakat dapat lebih berperan aktif dalam penyelenggaraan pelayanan guna tertib administrasi kependudukan. Tentunya masyarakat harus mempertimbangkan hak dan kewajibannya sebagai pengguna layanan, sehingga tidak hanya mengutamakan pemenuhan hak nya saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 31 May 2016 09:30
Last Modified: 31 May 2016 09:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31121

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo