UMM Institutional Repository

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM PELAJARAN IPA KELAS III DI SDN TUNJUNGSEKAR 3 MALANG

ARIANI, NOVIA DEWI (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM PELAJARAN IPA KELAS III DI SDN TUNJUNGSEKAR 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--noviadewia-27481-1-pendahul-n.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--noviadewia-27481-2-babi.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang meningkatkan kualitas belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas/guru bidang studi kelas III SDN Tunjungsekar 3 Malang menunjukkan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar terutama pada mata pelajaran yang sifatnya menghafal dan banyak menggunakan ceramah diantaranya pada mata pelajaran IPA. Menurut sebagian besar siswa menganggap mata pelajaran IPA sebagai mata pelajaran menjenuhkan karena banyak menghafal dan membuat bosan. Hal tersebut diantaranya disebabkan oleh ketidaktepatan metode yang digunakan. Misalnya, pembelajaran yang didominasi oleh metode ceramah, dengan kegiatan pembelajaran utama yaitu membaca buku dan tanya jawab pada akhir pembelajaran. Selain itu juga dikarenakan kurangnya media yang digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan untuk diskusi hanya dilakukan sesekali dan waktu yang tidak terencana. Keadaan tersebut akan menimbulkan kejenuhan pada siswa dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing. Selain itu, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi Lingkungan dengan model pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tunjungsekar 3 Malang dengan subyek kelas III yang berjumlah 40 siswa. Pendekatan ini menggunakan pendidikan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan siklus pertama, pada umumnya siswa belum terbiasa untuk melakukan diskusi kelompok dan kurang mengerti dengan metode pembelajaran yang digunakan sehingga siswa terlihat ramai. Disisi lain, dalam penggunaan media masih belum maksimal sehingga siswa kurang mengerti manfaat media tersebut. Dalam siklus kedua, aktivitas siswa dalam pembelajaran telah meningkat. Aktivitas siswa meningkat dari 61,51% yang dikategorikan cukup baik menjadi 79,58% yang dikategorikan sangat baik pada siklus II. Sementara itu hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dari hasil tes yang diberikan setelah pertemuan akhir siklus I menunjukkan bahwa 40 siswa yang mengikuti tes diperoleh persentase siswa yang tuntas belajar sebesar 52,5% dan yang belum tuntas belajar sebesar 47,5% sedangkan pada siklus II diperoleh persentase siswa yang tuntas belajar sebesar 77,5% dan yang belum tuntas sebesar 22,5%. Dari pelaksanaan PTK, siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas III SDN Tunjungsekar 3 Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 09:29
Last Modified: 31 May 2016 09:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31120

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo