UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE “AKU MENJADI” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KELIPATAN BILANGAN KELAS IV SDN BETOYOGUCI MANYAR GRESIK

Mahzumi, Ahmad (2012) PENGGUNAAN METODE “AKU MENJADI” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KELIPATAN BILANGAN KELAS IV SDN BETOYOGUCI MANYAR GRESIK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--ahmadmahzu-27482-1-pendahul-n.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--ahmadmahzu-27482-2-babi.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang meningkatkan kualitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas/guru bidang studi kelas IV SDN Betoyoguci Manyar Gresik ditemukan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa Matematika rendah, diperkuat oleh nilai siswa dalam ulangan harian rendah. Penyebabnya: a) guru menggunakan metode pembelajaran monoton. b) kurangnya media yang digunakan dalam pembelajaran. c) siswa belum mampu memahami materi yang terdapat dalam mata pelajaran. d) siswa belum mampu menjawab pertanyaan dengan jelas. Sebab itu bagaimana penerapan metode “Aku menjadi” untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika pada Materi Kelipatan Bilangan Kelas IV SDN Betoyoguci Manyar Gresik. Metode “Aku Menjadi” merupakan multi metode yang menggabungkan antara metode role playing dan metode permainan, siswa terlibat secara aktif dan secara kolektif untuk menemukan konsep kelipatan bilangan sebagai bentuk bilangan bulat positif terkecil yang dapat habis dibagi oleh kedua bilangan itu. Tujuan penelitian adalah: a) mendeskripsikan implementasi penerapan metode “Aku menjadi” untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Betoyoguci Manyar Gresik. b) mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi kelipatan bilangan siswa kelas IV SDN Betoyoguci Manyar Gresik dengan mengimplementasikan penerapan metode “Aku menjadi”. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang memerlukan dua siklus. Subyek penelitian adalah mata pelajaran Matematika pada semester ganjil tahun akademik 2011/2012, Obyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Betoyoguci Manyar Gresik. Penelitian dilaksanakan tanggal 15 Agustus dan 28 oktober 2011. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan: a). Penerapan metode “Aku menjadi” terlaksana dengan baik selama pembelajaran yaitu membentuk dua kelompok siswa sesuai dengan isi cerita, salah satu kelompok maju untuk menjalankan intruksi peran yang akan dimainkan, guru menyiapkan cerita lucu dan membacakannya di ikuti peragaan dari kelompok yang berperan dan mengikuti instruksi yang ada dilam cerita, Kelompok yang lain mengamati dan mencatat hasil lompatan dengan menggambar garis bilangan dan pohon faktor b). Aktivitas guru dan siswa siklus I mengalami peningkatan pada siklus II. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II. Penerapan metode “Aku menjadi” masih banyak kekurangan dan kendala-kendala, salah satunya yaitu pengalokasian waktu yang lama sehingga pembelajaran dapat berjalan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 09:26
Last Modified: 31 May 2016 09:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31118

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo