UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II SDN GIRIMOYO III KARANG PLOSO

WIDIAWATI, LULUK (2012) PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II SDN GIRIMOYO III KARANG PLOSO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--lulukwidia-27483-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--lulukwidia-27483-2-babi.pdf

Download (836kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya ketrampilan siswa dalam menulis. Kekurangmampuan siswa dalam menulis terutama berkaitan dengan kurangnya keterampilan siswa dalam mengungkapkan isi dan gagasan, yang meliputi: kekurangmampuan dalam mengorganisasikan gagasan, kesulitan menyusun kalimat efektif, kesulitan menerapkan ejaan, dan memilih kata. Dari 44 siswa hanya 23 siswa (53%) yang memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu ≥70. Selain itu, guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran sehingga perlu adanya alternatif media yang tepat agar anak tertarik untuk belajar dan dapat mengekspresikan berbagai pikiran, gagasan, pendapat dan perasaannya. Karakter anak sekolah dasar yang lebih suka gambar-gambar yang berwarna warni, peneliti memilih media kartu kata bergambar sebagai alternatif peningkatan ketrampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas II SDN Girimoyo 3 Karangploso Kabupaten Malang dengan menggunakan media kartu kata bergambar. 2) mengetahui implementasi media kartu kata bergambar dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas II SDN Girimoyo 3 Karangploso Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Girimoyo 3 Karangploso Kabupaten Malang dengan subjek kelas II yang berjumlah 44 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumintasi dan tes. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa nilai kongnitif ketrampilan menulis siswa dengan menggunakan media kartu kata bergambar meunjukkan peningkatan. Rata-rata kelas pada saat pra tes sebesar 67,9% kemudian naik menjadi 74,7% pada siklus 1 dan 81,9% pada siklus 2. Jadi rata-rata kelas sudah berhasil dipenuhi karena sudah melebihi target yang ditentukan yaitu ≥ 70. Sedangkan Ketuntasan kelas pada saat pra tes mencapai 52% (23 Siswa), kemudian naik menjadi 71% (31 Siswa) pada siklus 1, karena ketuntasan kelas belum mencapai target yang ditentukan yaitu ≥ 80% maka dilakukan siklus 2 yang pada akhirnya ketuntasan kelas naik menjadi 93% (41 Siswa). Sehingga dapat dikatakan ketuntasan kelas sudah berhasil dipenuhi karena sudah melebihi target yang ditentukan yaitu ≥ 80%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 09:23
Last Modified: 31 May 2016 09:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31116

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo