UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE INQUIRI DAN TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 3 KETAH SUBOH SITUBONDO

ULFARIDA, (2012) PENERAPAN METODE INQUIRI DAN TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 3 KETAH SUBOH SITUBONDO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--ulfarida07-27484-1-pendahul-n.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--ulfarida07-27484-2-babi.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 3 Ketah Suboh Situbondo, khsususnya pada pokok bahasan Struktur dan Fungsi bagian Tumbuhan.Hal inipembelajaran berpusat pada guru, yang menyebabkan siswa pasif dan kondisi kelas kurang kondusif. Hal tersebut menjadikan hasil belajar siswa menurun.Terlihat dari hasil ulangan harian siswa dari 13 siswa, sebanyak 10 siswa nilainya di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 65. Penelitian tindakan kelas merupakan sarana untuk memperbaiki dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru.Peneliti menerapkan metode Inquiri dan Tanya Jawab.Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Ketah Suboh Situbondo pada Pokok Bahasan Struktur dan Fungsi bagian Tumbuhan dengan menggunakan Penerapan Inquiri dan Tanya Jawab. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas IV SDN 3 Ketah Suboh Situbondo pada tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 13 siswa. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini, diantaranya: observasi atau pengamatan selama proses dan perbaikan pembelajaran, wawancara dengan guru kelas, diskusi dengan guru, pelaksanaan pembelajaran dan hasil pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan tindakan yang dilakukan pada siklus I dan siklus II, maka diadakan refleksi pada proses dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan tercapainya kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran IPA yaitu 65.Adapun nilai hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasannya 54% sedangkan pada siklus II ketuntasannya sebesar 85%. Kesimpulannya adalah Metode Inquiri dan Tanya Jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Ketah Suboh Situbondo mata pelajaran IPA pokok bahasan Struktur dan Fungsi bagian Tumbuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 09:21
Last Modified: 31 May 2016 09:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31114

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo