UMM Institutional Repository

PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GARENG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN POLOWIJEN 3 MALANG

PRABAWATI, MELANI (2012) PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GARENG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN POLOWIJEN 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--melaniprab-27485-1-pendahul-n.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--melaniprab-27485-2-babi.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas 2 di SDN Polowijen 3 Malang, pada materi konsep perkalian disebabkan karena penyampaian materi kurang menarik dan tidak disertai media pendukung. Yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan ketika belajar menentukan hasil opersi hitung perkalian. Penggunaan media Gareng dijadikan alternatife dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Sehingga siswa akan lebih tertarik dalam belajar materi konsep perkalian. Penggunaan media Gareng bertujuan meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep perkalian dengan menggunakan media gelas dan kelereng. Jenis penelitian ini yaitu PTK, penelitian tindakan ini terdiri dari siklus satu ke siklus berikutnya. Tahapan setiap siklus dimulai dari observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, analisis data, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN Polowijen 3 Malang. Waktu penelitian pada semester genap, tepatnya pada bulan Mei Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas II dengan jumlah siswa 44 orang. Teknik analisa data bersifat kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif di analisis dengan menghitung prosentase kemampuan siswa melalui nilai tes kemudian dideskripsikan Berdasarkan data yang terkumpul dalam penelitian ini, pada siklus 1 siswa yang mencapai KKM 70 sebesar 28 siswa atau 62%. Pada siklus 2, siswa yang mencapai KKM 70 meningkat sebesar 37 siswa atau 85%. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil uji T sebelum dan sesudah siklus. Sebelum tindakan siswa yang mampu mencapai KKM 70 sebesar 22 siswa atau 50%, sesudah tindakan meningkat dari 50% menjadi 85% sesudah siklus. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus 1 sampai dengan siklus 2 terjadi peningkatan nilai siswa pada materi konsep perkalian di kelas II SDN Polowijen 3 Malang. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media Gareng dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi konsep perkalian di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 09:18
Last Modified: 31 May 2016 09:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31112

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo