UMM Institutional Repository

MENINGKATKAN KEMEMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN “KOTABERLIN” PADA SISWA KELAS I SDN PANDANAJENG 02 KABUPATEN MALANG SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2010-2011

PURNAMA, CAHYA (2012) MENINGKATKAN KEMEMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN “KOTABERLIN” PADA SISWA KELAS I SDN PANDANAJENG 02 KABUPATEN MALANG SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2010-2011. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--cahyapurna-27487-2-babi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--cahyapurna-27487-1-pendahul-n.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca dan menulis permulaan, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Pandanajeng 02 Kabupan Malang menunjukkan adanya permasalahan terhadap rendahnya kemampuan siswa, dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Rendahnya kemampuan membaca menulis permulaan dibuktikan pada salah satu sekolah di SDN Pandanajeng 02 Kabupaten Malang, masih mempunyai kemampuan yang rendah dalam membaca dan menulis, rendahnya kemampuan membaca dan menulis disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya usia siswa, siswa belum menamatkan taman kanak-kanak, serta pemilihan metode dan media yang monoton, sehingga siswa malas belajar dan cenderung bermain sendiri. Dengan adanya permasalahan tersebut diperlukan peran aktif seorang guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapan metode ataupun media pembelajaran yang menarik dan juga menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca dan menulis menggunakan metode bermain KOTABERLIN terutama pada siswa kelas 1 SDN Pandanajeng 02 kabupaten Malang . Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : (1) observasi; (2) catatan anekdot; (3) portofolio dan interviw. Teknik analisis data yang bersifat kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan cara menghitung prosentase kemampuan siswa pada saat menggunakan media melalui permainan dan nilai tes kemudian dideskripsikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media KOTABERLIN pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada siswa kelas 1 SDN Pandanajeng 02 Kabupaten Malang. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa presentase hasil belajar rata-rata nilai akhir siswa pada pra siklus sebesar 66,75%, siklus 1 sebesar 80,01%, dan pada siklus 2 meningkat yaitu sebesar 86,66%. Diperoleh presentase ketuntasan kelas siswa pada pra siklus sebesar 40%, siklus 1 sebesar 80% dan pada siklus 2 meningkat yaitu sebesar 95%. Penelitian sudah cukup karena presentase ketuntasan kelas siswa mencapai KKM yang telah di tetapkan oleh sekolah yaitu 85% dengan KKM individu 75. Dengan demikian metode bermain KOTABERLIN dapat meningkatkan kemampuan membaca menulis terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, itu disebabkan pembelajaran yang digunakan menarik dan menyenangkan. Didalam pembelajaran khususnya membaca menulis permulaan agar lebih efektif hendaknya sebelum mengajar, sudah mempersiapkan atau mendesain materi yang akan diajarkan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 09:16
Last Modified: 31 May 2016 09:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31108

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo