UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK PESERTA DIDIK KELAS VA SDN KWADUNGAN KABUPATEN KEDIRI

ALMAKNUN, LUÂ’LU (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK PESERTA DIDIK KELAS VA SDN KWADUNGAN KABUPATEN KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--lulualmakn-27779-1-pendahul-n.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--lulualmakn-27779-2-babi.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas VA SDN Kwadungan Kabupaten Kediri, khususnya pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat. Hal ini disebabkan oleh cara mengajar guru yang tidak sesuai dengan cara belajar peserta didik. Guru lebih banyak mengajar dengan ceramah. Metode ini hanya menguntungkan peserta didik dengan kecerdasan linguistik dan logika-matematika. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk yang dicetuskan oleh Howard Gardner. Jenis penelitian ini yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian tindakan kelas terdiri dari empat fase, yaitu perencanaan, pemberian tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk tampak pada fase pemberian tindakan, yaitu pada pembelajaran yang berlangsung di kelas. Pembelajaran lebih memperhatikan jenis kecerdasan yang dimiliki peserta didik. Melalui identifikasi kecerdasan majemuk, dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik menonjol dalam spektrum kecerdasan kinestetik-tubuh. Oleh sebab itu, guru harus membuat peserta didik melakukan kegiatan dalam proses belajarnya. Akan tetapi, guru tidak semata-mata memperhatikan jenis kecerdasan tersebut, tapi juga melibatkan jenis kecerdasan yang lain. Meningkatnya hasil belajar peserta didik diketahui melalui tes tulis, pengamatan aktifitas peserta didik, dan skala penilaian baik dalam ranah afektif maupun psikomotorik. Keberhasilan penelitian ini tampak pada hasil belajar yang dicapai peserta didik. Pada ranah kognitif, peserta didik berhasil mencapai KKM, yaitu 65. Pada siklus 1, sebanyak 12 anak (55%) yang berhasil mencapai KKM. Keberhasilan ini meningkat pada siklus 2, yaitu menjadi 19 anak (86%). Dengan persentase tersebut, dapat disimpulkan bahwa kelas VA SDN Kwadungan telah mencapai ketuntasan belajar sehingga penelitian ini berakhir pada siklus 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 May 2016 09:07
Last Modified: 31 May 2016 09:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31099

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo