UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE BCM UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VB SD NEGERI I BEJI KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU

ARISMA, WHENI (2011) PENERAPAN METODE BCM UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VB SD NEGERI I BEJI KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-wheniarism-23124-PENDAHUL-N.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-wheniarism-23124-BAB+I.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya atau belum tercapainya hasil belajar siswa sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada mata pelajaran PKn di SD Negeri I Beji kecamatan Junrejo Kota Batu. KKM yang ditentukan oleh pihak sekolah pada mata pelajaran PKn adalah 7,5 dan untuk ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85%. Sedangkan pada materi organisasi, jumlah siswa yang telah memenuhi KKM hanya 24 - 30 %. Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan guru untuk menyampaikan materi kurang menarik, konvensional dan tidak disertai media pendukung sehingga mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap materi tersebut. Penerapan metode BCM dirasa peneliti sesuai dengan permasalahan yang ada di lapangan dan mampu memperbaiki hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi organisasi dengan menggunakan metode BCM. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dalam penelitian tindakan kelas ini terdapat dua siklus. Dari siklus satu ke siklus berikutnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan data yang terkumpul dalam penelitian ini, pada siklus I rata-rata nilai siswa yaitu 79, siswa tuntas hanya 19 dari 29 siswa atau 65%. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 87, pada siklus II diperoleh 26 dari 29 siswa yang telah mencapai KKM sehingga penelitian ini dihentikan karena pada siklus II pencapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 89%. Penerapan metode BCM pada mata pelajaran PKn khususnya materi Organisasi sangat efektif. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar dan aktivitas siswa selama pembelajaran yang merupakan tujuan dari aplikasi metode BCM sendiri. Selain itu kondisi belajar siswa menjadi lebih bermakna, dimana siswa menjadi lebih aktif sehingga pembelajaran tidak berpusat pada guru lagi. Disamping itu, media pendukung yang digunakan mudah didapat juga mudah dibuat oleh semua guru. Kesimpulan dari penerapan metode BCM terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi organisasi dengan menggunakan metode BCM di kelas VB SD Negeri I Beji Kecamatan Junrejo Kota Batu. Disarankan kepada tenaga pendidik dapat menerapkan metode BCM karena metode tersebut sangat efektif, selain mudah didapat juga mudah dibuat oleh semua guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education (88203)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 May 2016 04:32
Last Modified: 31 May 2016 04:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31086

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo