UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP SIKLUS AIR PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN MUNUNG I KECAMATAN JATIKALEN KABUPATEN NGANJUK

PUSPITASARI, RENI (2011) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP SIKLUS AIR PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN MUNUNG I KECAMATAN JATIKALEN KABUPATEN NGANJUK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan IPA merupakan pendidikan dasar yang harus diberikan kepada siswa, agar memiliki pengetahuan tentang lingkungan. Akan tetapi ketika dikelas V SDN Munung I guru menemukan masalah yakni didapati siswa masih belum mampu menguasai konsep Siklus Air, sehingga guru melakukan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa Pendidikan IPA pada siswa kelas V SDN Munung I Nganjuk Tahun pelajaran 2010/2011 dengan memanfaatkan media gambar dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran diawali dengan pendahuluan, penjelasan, tanya jawab, penugasan, dan evaluasi. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dihimpun berupa data pengamatan aktifitas guru dan siswa, nilai uji kompetensi siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari prosentase aktivitas siswa siklus I 50,26% dan Siklus II mengalami kenaikan menjadi 82,83% dalam keaktifan guru pada siklus I 70% dan Siklus II mengalami kenaikan 93%. Rata-rata prosentase hasil ketuntasan belajar pada siklus I 62% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90% siswa yang mengalami ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar, aktifitas belajar dan kemampuan siswa kelas V SDN Munung I, Nganjuk pada pembelajaran Pendidikan IPA dengan media gambar mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 May 2016 04:05
Last Modified: 31 May 2016 04:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31079

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo