UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DALAM KONSERVASI SUMBER DAYA HUTAN

SORAYA, YANI (2012) IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DALAM KONSERVASI SUMBER DAYA HUTAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--yanisoraya-27289-1-pendahul-n.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--yanisoraya-27289-2-bab1.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Masyarakat di sekitar hutan memiliki ketergantungan yang sangat besar dengan keberadaan hutan di sekitarnya, pemanfaatan hutan dan hasil hutan oleh masyarakat dilakukan secara tradisional untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Keterdesakan masyarakat dalam pemanfaatan hutan sebagai sumber mata pencaharian dan kehidupan masyarakat mendorong terjadinya tingkat kemiskinan. Pada kondisi seperti ini, kemiskinan yang terjadi pada masyarakat di sekitar hutan mendorong tingginya kerusakan hutan termasuk pada kawasan konservasi. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan salah satu kawasan konservasi pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dikelola dengan zonasi. Namun dalam pengelolaannya masih dijumpai beberapa permasalahan seperti perambahan hutan, pencurian kayu, perburuan liar, penggembalaan ternak, dan lain sebagainya. Kurangnya kerja sama petugas taman nasional dan masyarakat sekitar menyebabkan upaya konservasi tidak berjalan optimal. Diharapkan permasalahan tersebut dapat dikurangi melalui pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persepsi masyarakat mengenai pentingnya konservasi, mengkaji karakteristik masyarakat sekitar TNBTS yang memanfaatkan sumber daya hutan, dan mengetahui bentuk-bentuk pemberdayaan masyarakat sekitar dalam upaya konservasi hutan. Metode penelitian : penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2011, di desa penyangga Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yaitu desa Argosari kecamatan Jabung kabupaten Malang. Ada pun metode penelitian yang digunakan adalah Random Sampling Sederhana. Tabulasi data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian masyarakat desa penyangga TNBTS yatu desa Argosari mengerti akan pentingnya konservasi dan manfaatnya. Akan tetapi karena terbentur oleh faktor keterdesakan ekonomi masyarakat menyebabkan kegiatan konservasi tidak berjalan secara optimal. Pada kelompok umur, persentase pemanfaat sumber daya hutan terbesar didominasi oleh pemanfaat dengan usia 31-40 tahun yaitu sebesar 30%. Pemanfaat sumber daya hutan sebanyak 45% memiliki jumlah anggota keluarga 3-4 orang. Sebagian besar pemanfaat sumber daya hutan berlatar belakang Sekolah Dasar sebesar 45%. Pemanfaat sumber daya hutan tertinggi bermata pencaharian sebagai petani sebesar 55%. Salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat di desa Argosari yaitu dengan pengembangan dan pemanfaatan biogas. Pengembangan biogas tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi tingkat kerusakan kawasan hutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Forestry (54251)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 30 May 2016 11:27
Last Modified: 30 May 2016 11:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31070

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo