UMM Institutional Repository

PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN DAN INTERVAL PENYEMPROTAN BIODEGRADASI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT JABON (Anthocephalus cadamba Miq)

Saipuddin, (2012) PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN DAN INTERVAL PENYEMPROTAN BIODEGRADASI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT JABON (Anthocephalus cadamba Miq). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--saipuddin0-27224-1-pendahul-n.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--saipuddin0-27224-2-bab1.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Jabon merupakan salah satu jenis kayu yang pertumbuhannya sangat cepat. Saat ini, jabon menjadi andalan industri perkayuan. Biodegradasi adalah formula nutrisi organik cair yang mengandung mineral dan enzim organik untuk meningkatkan kesehatan, pertumbuhan dan produksi tanaman. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan interval penyemprotan biodegradasi terhadap pertumbuhan bibit jabon (A. cadamba Miq.) Penelitian dilakukan di kebun percobaan dan persemaian laboratorium Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang, yang terletak pada ketinggian ± 600 m dpl dan curah hujan rata-rata ± 1833 mm/tahun. Penelitian ini dimulai bulan Mei-Juli 2011. Bahan yang digunakan pada penelitian ini yaitu bibit jabon (A. cadamba Miq.), biodegradasi, air, sedangkan Peralatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu penggaris, alat tulis menulis, gunting, label, gelas ukur, hand sprayer, jangka sorong, gembor, selang, timbangan analitik, camera dan oven. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu rancangan acak kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial, yang terdiri dari dua faktor yaitu : Faktor konsentrasi larutan biodegradasi K1: Konsentrasi larutan biodegradasi 1 ml/1 l air, K2 : Konsentrasi larutan biodegradasi 1,5 ml/1 l air, K3 : Konsentrasi larutan biodegradasi 2 ml/1 l air, K4 : Konsentrasi larutan biodegradasi 2,5 ml/1 l air, dan K5 : Konsentrasi larutan biodegradasi 3 ml/1 l air. Sedangkan faktor interval penyemprotan larutan biodegradasi meliputi P1 : Penyemprotan 3 hari, P2 : Penyemprotan 6 hari, dan P3 : Penyemprotan 9 hari. Dari 2 faktor tersebut, jika masing-masing dikombinasikan maka akan didapatkan 15 kombinasi perlakuan, setiap kombinasi terdiri dari 10 tanaman dan diulang sebanyak 3 kali, sehingga diperoleh 45 unit percobaan dengan 450 tanaman dan mengambil 5 tanaman sebagai contoh pada setiap unit percobaan Parameter pengamatan meliputi tinggi bibit, diameter batang, jumlah daun (Pengamatan pertama dimulai pada hari ke-14 setelah diberikan perlakuan, kemudian pengamatan selanjutnya dilakukan dengan interval 7 hari). Sedangkan, pengamatan panjang akar, bobot basah, dan bobot kering,dilakukan pada akhir pengamatan. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan penelitian ini akan dianalisa dengan analisis sidik ragam (Uji f) sesuai dengan rancangan acak kelompok faktorial (RAKF) kemudian dilanjutkan dengan uji Duncan pada taraf 5 % dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antar perlakuan. Hasil analisis ragam menunjuk bahwa tidak terjadi interaksi antara perlakuan konsentrasi larutan dan interval penyemprotan biodegradasi pada semua parameter pengamatan dan hampir semua parameter pengamatan tidak terjadi pengaruh yang berbeda nyata pada semua umur pengamatan, kecuali pada parameter pertambahan tinggi dan diameter batang tanaman terjadi pada perlakuan konsentrasi biodegradasi (K) diumur pengamatan 14 hst (hari setelah tanam).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Forestry (54251)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 30 May 2016 11:25
Last Modified: 30 May 2016 11:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31069

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo