UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE BERMAIN LANGKAH HANTU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN JAPANAN II MOJOKERTO

SYAHRONI, MOKHAMAD ZUNAN (2011) PENGGUNAAN METODE BERMAIN LANGKAH HANTU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN JAPANAN II MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-mokhamadzu-23261-Pendahul-n.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-mokhamadzu-23261-bab+I.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dr. Sugiarti, M.Si (2) Dra. Elly Purwanti, M.P Selama ini siswa hanya hafal tanpa mengerti konsep yang dimaksud. Banyak siswa berpendapat matematika tidak menarik, menyulitkan dan membosankan. Tidak jarang siswa yang mulanya menyukai matematika berubah sikap menjadi acuh, karena guru dalam memilih metode kurang sesuai, pemberian latihan yang kurang variatif dan penjelasan guru yang kurang menyenangkan. Guru hanya menjelaskan materi dengan hafalan, sehingga respon siswa kurang, berakibat pada hasil belajar matematika yang di bawah standar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain langkah hantu dan untuk mengetahui hasil peningkatan keterampilan operasi hitung bilangan bulat melalui metode bermain langkah hantu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan metode bermain langkah hantu untuk meningkatkan keterampilan operasi hitung bilangan bulat mata pelajaran matematikan siswa kelas IV SDN Japanan II Mojokerto yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan wawancara. Bentuk instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi kerja kelompok, tes, dan lembar wawancara. Adapun hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pengaruh penggunaan metode bermain langkah hantu untuk meningkatkan keterampilan operasi hitung bilangan bulat adalah dapat meningkatkan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran. Pada siswa dapat membantu untuk menemukan rumus sendiri dalam operasi hitung bilangan bulat, mengembangkan kreatifitas, kontekstual, menantang, dan menyenangkan, menyediakan pengalaman belajar yang beragam, dan belajar melalui berbuat. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dibahas. (2) Keterampilan operasi hitung bilngan bulat melalui metode bermain langkah hantu dapat meningkatkan persentase ketuntasan belajar siswa pada test akhir siklus I 85% dan meningkat pada siklus II 95% dalam satu kelas mencapai daya serap lebih atau sama dengan KKM 65.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 30 May 2016 09:59
Last Modified: 30 May 2016 09:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31058

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo